Menindaklanjuti saran Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian yang menyatakan bahwa Kementerian Pertanian beserta jajarannya akan berperan serta untuk mendukung pemulihan kawasan hutan pasca erupsi merapi telah diaktualisasikan oleh STPP melalui kegiatan penghijauan kawasan lereng merapai yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta.

Kegiatan yang dilakukan pada Kamis,(7/4) itu mendapat sambutan positif dari  Paguyuban Penghijauan Kawasan Merapi Kinahrejo.

Rombongan penghijauan kawasan lereng merapai yang berjumlah 33 orang mahasiswa dan 10 orang pendamping (Dosen dan Karyawan) itu memilih Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan sebagai lokasi penghijauan. “Banyak perkembangan yang tidak terduga yang terjadi di lapangan yang kadang hal itu, oleh mahasiswa di kampus tidak mereka ketahui. Nah…disinilah kemudian pentingnya kegiatan seperti praktek lapangan (fieldtrip) dilakukan dalam rangka menambah wawasan mahasiswa” papar Ketua Jurusan Penyuluhan Pertanian, Ir.Sujono,MP. sekaligus merangkap ketua rombongan.Ditanya mengenai dipilihnya kawasan lereng merapi sebagai lokasi fieldtrip mahasaiswa kali ini, Sujono mengatakan bahwa sebagai salah satu Sekolah Tinggi Kedinasan yang konsern dalam bidang penyuluhan pertanian, maka sudah barang tentu kami sebagai insan pertanian harus peka dengan realita yang terjadi di masyarakat. Disamping itu, ini merupakan bentuk kerja nyata kami dalam upaya mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi ungkapnya.

Penanaman pohon yang dipimpin langsung oleh Ketua Paguyuban  dimulai sejak pukul 09:00 WIB hingga selesai. Sebanyak lebih kurang 100 bibit tanaman yang terdiri dari tiga jenis tanaman antara lain; tanaman penahan air, tanaman kayu dan tanaman buah. ketiga jenis tanaman yang menjadi prioritas tersebut menurut Ketua Paguyuban Sudihartono, diharapkan dapat memberi manfaat kepada masyarakat sekitar lereng merapi khususnya Dusun Kepuhharjo. Adapun lokasi penanaman dikonsentrasikan disekitar wilayah yang dulunya menjadi tempat tinggal mbah Maridjan [JK].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here