Tampak Ketua STPP Sedang Melihat Etalase Produk Buah Hasil Kebun

Sebagai tindak lanjut rencana pengembangan kebun pendidikan STPP Jurusan Pnyuluhan Pertanian Yogyakarta yang berlokasi di Dusun Karangsari, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak Sleman menjadi kebun percontohan tanaman buah, pada Tanggal 3-4 April lalu team teknis yang terdiri dari 8 orang  melaksanakan study banding ke kebun buah Ngebruk desa Sidokumpul Patean, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

“Sebenarnya kita memiliki lahan yang cukup luas,tapi sayang belum bisa terkelola dengan baik. Mulai bulan Februari yang lalu kita sudah merintis untuk membuat kebun percontohan tanaman buah-buahan, syukur-syukur nantinya kebun percontohan yang penanaman perdananya dilakukan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian pada Februari lalu itu kedepan dapat berkembang menjadi wisata agro seperti di mekarsari. Ini cita-cita kita” papar Ketua STPP Drs.Gunawan Yulianto,MM.,MSi disela-sela kunjungannya.

Secara terpisah, Sekretaris Jurusan yang juga termasuk dalam team teknis yang membidangi pengelolaan dan konservasi lahan Dr.Rajiman,SP.,MP mengatakan; “studi banding yang dilaksanakan selama dua hari itu diharapkan dapat memberi inspirasi bagi team dalam merancang bagaimana tata kelola lahan yang tepat untuk pengelolaan kebun percontohan buah yang sedang dirintis di kebun karangsari”

Kebun pendidikan Karangsari yang lokasinya berdampingan dengan stadion sepak bola Maguwoharjo itu merupakan satu dari lima kebun praktek milik STPP Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta yang selama ini dijadikan sebagai sarana praktek bagi mahasiswa yang kini telah ditanami dengan koleksi tanaman buah seperti; rambutan, nangkadak, duku, klengkeng, manggis dan alpukat. Sementara itu tanaman jenis buah naga, jambu air dalhari yang rencananya akan dijadikan icon kabupaten Sleman juga akan mengisi kebun koleksi di Karangsari.[JK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here