http://stppyogyakarta.ac.id Ketua STPP Drs Gunawan Yulianto,MM beserta Kepala UPPM R.Hermawan SP.MP dan Ketua Jurusan DR. Sujono mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yojakarta, yang diwakili Rektor UGM Dwikorita Karnawati di tengah sawah Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa 27/1/15.

web

Kegiatan ini merupakan sejarah bagi Kementerian Pertanian melakukan pendatanganan MoU di tengah sawah dengan pihak UGM. Menteri mengatakan ini persoalan mendasar untuk meningkatkan pertanian yakni menghilangkan egoisme sektoral. Masing – masing pihak harus saling bekerjasama termasuk pejabat untuk terjun langsung ke sawah mendekat dengan petani.
Dikatakan dengan terjun ke sawah maka bisa mengetahui secara detail persoalan yang dihadapi petani. Termasuk mencari solusi agar tanaman pangan bisa menghasilkan panen maksimal. Dengan sistem kerja seperi ini maka tidak ada lagi batasan antara pimpinan dengan petani masing – masing pihak saling bahu membahu untuk merealisasikan impian bisa swasembada pangan dalam tiga tahun kedepan.
Penandatanganan kerjasama dengan UGM dilakukan sebagai bagian dari upaya mewujudkan swasembada pangan. Nantinya pihak civitas akademis akan membantu dari sisi keilmuan dengan menerjunkan tenaga yang dimiliki. “UGM sendiri nanti akan menjadi nahkoda di bidang pertanian di Indonesia karena memang pimpinan di berbagai bidang merupakan lulusan UGM,” kata Menteri sambil menambahkan ada sebanyak 32 persen saluran irigasi di Indonesia yang rusak. Bahkan kerusakan sudah terjadi lama antara 20 hingga 30 tahun lalu.
Perbaikan irigasi akan dikebut, dilakukan era kepemimpinan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Termasuk di Sukoharjo akan mendapat bantuan perbaikan. Sektor peternakan sapi dan tanaman kedelai juga akan mendapat bantuan, intinya harus ada peningkatan hasil ke depan agar swasembada pangan bisa cepat terwujud. Sumber : Antara
(Nuri)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here