Mentan Janjikan Tambah Anggaran untuk Ristek di STPP

0
214

Pemerintah RI mendorong dosen, mahasiswa dan alumni sekolah tinggi penyuluh pertanian (STPP) di seluruh Indonesia melakukan riset, untuk mengembangkan inovasi teknologi pertanian sehingga dapat mendukung peningkatan produksi pangan, juga mengatasi ketergantungan Indonesia pada teknologi asing, Kementerian Pertanian siap menambah alokasi anggaran STPP dan menyediakan insentif bagi dosen dan mahasiswa sebagai inovator teknologi.

Rakor BPPSDMP: Mentan Janjikan Tambah Anggaran untuk Ristek di STPP

Hal itu dikemukakan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman pada rapat koordinasi (Rakor) Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Pertanian di Jakarta pada Jumat yang dihadiri oleh Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) di Jakarta pada Jumat (7/7). Turut hadir pimpinan dan perwakilan dosen STPP dari seluruh Indonesia.

“Pemerintah menginginkan dosen, mahasiswa dan alumni STPP dapat melahirkan gagasan baru, kemudian dikembangkan melalui riset sehingga dapat mendukung peningkatan produksi pertanian, peternakan dan perkebunan. Jangan selalu tergantung asing, kalau Indonesia ingin maju sebagai lumbung pangan dunia,” kata Mentan Andi Amran Sulaiman.

Kepada para kepala STPP, Mentan mendorong mereka untuk memberi motivasi, gagasan baru, memfasilitasi dan kementerian akan mendukung sepenuhnya ide-ide brilian untuk mendukung kemajuan pertanian Indonesia, jangan sekadar business as usual atau terkungkung pada rutinitas kampus dan pengajaran.

“Jangan khawatir dengan alokasi anggaran riset. Butuh apa? Kami siap tambah dua kali lipat alokasi anggaran tiap STPP dari Rp3 miliar menjadi Rp6 miliar. Kami siapkan peralatan, anggaran tapi kami ingin STPP mampu mengembangkan teknologi baru karena pertanian tidak akan maju tanpa dukungan teknologi,” kata Amran Sulaiman yang disambut tempik sorak para peserta Rakor BPPSDMP.

Kepada para dosen, Mentan meminta mereka untuk meningkatkan kualitas belajar dan mengajar, dedikasi dan motivasi para mahasiswa untuk mengembangkan mekanisasi pertanian.

Menyikapi hal itu, dia mengharapkan sekretariat jenderal Kementan untuk memberikan insentif kepada para dosen STPP setelah melakukan evaluasi bulanan terkait teknologi inovasi, kemudian memfasilitasi STPP untuk bermitra dengan produsen teknologi sehingga hasil inovasi tersebut berguna bagi petani dan masyarakat.

 

“Dosen dan mahasiswa yang sukses berinovasi dan teknologi yang dikembangkan dapat diproduksi secara massal akan mendapat imbalan royalti dari hasil inovasinya,” kata Mentan.

http://berita2bahasa.com/berita/08/91187-rakor-bppsdmp-mentan-janjikan-tambah-anggaran-untuk-ristek-di-stpp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here