Usaha Macet, Mulailah Lakukan Branding

stppyogyakarta.ac.id – Eksistensi atau keberlangsungan sebuah usaha merupakan hal yang selalu menjadi harapan bagi setiap pengusaha. Berbagai cara dilakukan oleh para pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan usahanya tak terkecuali melakukan branding terhadap usaha yang sedang dijalankannya. Urusan branding dalam usaha bidang pertanian juga tak bisa diabaikan begitu saja, hal itulah yang membuat panitia memboyong pakar branding nasional Andika Dwijatmiko sebagai narasumber dalam acara Temu Usaha mahasiswa PWMP Jurusan Penyuluhan Pertanian (Jurluhtan) Yogyakarta.

Acara yang dibuka langsung oleh Ketua STPP Magelang Ali ranchman itu mendapat antusiasme positif dari kalangan mahasiswa dan dosen. Dalam sambutannya Ali menyatakan image petani tua,kurus, tidak berbaju dan pakai caping, itu sudah masa lalu.” Petani sekarang yang kita hasilkan adalah petani berdasi, berjas, bermobil mewah. Inilah petani masa depan kita” paparnya.

Melalui acara Temu Usaha ini Ali berharap kepada para Dosen, untuk tidak hanya memberikan teori semata, tetapi lebih dari itu. Hal-hal yang sifatnya praktis yang mampu meningkatkan skill juga perlu diperbanyak sehingga kelak para mahasiswa ketika memilih untuk menjadi pengusaha, mereka memiliki kemampuan bagaimana menjadi pengusaha pertanian yang handal.

Dalam acara yang diselenggarakan selama setengah hari itu, pakar branding Andika DJ mengajak seluruh peserta yang kebetulan mahasiswa PWMP untuk mulai mengubah pola pikir mengenai brand. “Bahwa brand itu bukan logo, bukan merek, bukan iklan, bukan marketing, bukan slogan, bukan pameran ataupun promosi. Akan tetapi brand itu lebih kepada ikatan emosi antara produk dengan konsumen” ungakpnya.

Diahir acara andika menyarankan kepada seluruh peserta Temu Usaha yang akan mengawali bisnisnya untuk mulai membangun ikatan emosi dengan konsumen sedari dini, mulai dari teman-teman, keluarga dan orang-orang terdekat [JKH].

 
 

Share this Post



 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *