stppyogyakarta.ac.id Guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan tinggi, kebun praktek pendidikan merupakan salah satu sarana yang memiliki peranan yang cukup penting. Hal tersebut berlangsung dalam proses Pendidikan di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta.
“Kebun praktek yang ada diharapkan dapat fokus menyelenggarakan Teaching Factory (TEFA) guna mempersiapkan mahasiswa kita untuk menjadi wirausaha atau tenaga professional dibidang teknologi pertanian,” ungkap Ali Rachman, Ketua STPP Magelang pada saat membuka In-House Training (IHT) “Manajemen Kebun” di Hotel Grand Serela, Yogyakarta tanggal 8-9 November 2017.
STPP Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta memiliki kebun praktek Pendidikan yang tersebar di 5 wilayah yaitu Kebun Celeban (± 2 ha), Kebun Sempu (± 7,2 ha), Kebun Karangsari (± 7 ha), Kebun Murangan (± 1,2 ha) dan Kebun Banyakan (± 15 ha).
Penataan dan pengembangan kebun praktek Pendidikan dimaksudkan untuk memenuhi standar minimal kebun praktek Pendidikan yang menghasilkan produksi baik dan modern dalam penyelenggaraan Pendidikan pada STPP Jurluhtan Yogyakarta dengan didukung mekanisasi pertanian.
Kebun Praktek dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung antara lain kelas, asrama, rumah dosen, sarana ibadah, dan green house.  Juga tetap mempertahankan pepohonan besar sejuk dan asri sehingga bisa juga dimanfaatkan untuk agro wisata.
Untuk itu, sebagai pendidikan vokasi, STPP Jurluhtan Yogyakarta menyelenggarakan In-House Training (IHT) “Manajemen Kebun”. IHT ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada calon tenaga kebun tentang manajemen kebun dalam mendukung pembelajaran di pendidikan vokasi.
IHT merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi calon tenaga kebun dalam mengelola kebun praktek sebanyak kurang lebih 29 orang. “Diharapkan kebun praktek tersebut dapat menghasilkan produk pertanian dan memperoleh pendapatan sehingga biaya operasional kebun dapat dicukupi dari kegiatan kebun tersebut,” kata Rajiman, Wakil Ketua I STPP Magelang. (teamweb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here