stppyogyakarta.ac.id  STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian di Yogyakarta sebagai penanggungjawab Luas Tambah Tanam Upaya Khusus Padi Jagung Kedelai (Pajale) ikut terlibat aktif dalam koordinasi strategi pencapaian target LTT periode Oktober-Maret 2017/2018 dan April-September 2018. Langkah yang diambil adalah melakukan rapat koordinasi sekaligus syukuran atas keberhasilan Kabupaten Cilacap.

Keberhasilan tersebut terkait pencapain target LTT Upsus Pajale periode Oktober-Maret 2016/2017 dan April-September 2017 di 4 UPTD yang ada bersama-sama antara Dinas Petranian dan Peternakan Cilacap, Petugas Data dan PPL.
Untuk memudahkan koordinasi dan pencapaian target-target pembangunan pertanian di wilayah Kabupaten Cilacap selama ini telah terbentuk 4 UPTD pendukung sesuai wilayah.

Di setiap desa ditetapkan SDM PPL yang akan bertanggungjawab menyusun target per desa untuk 3 Musim Tanam, inventarisasi lahan tadah hujan untuk menambah capaian LTT, pemanfaatan lahan utamanya untuk padi atau palawija dengan tujuan tidak ada lahan bero.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Cilacap menngarisbawahi bahwa untuk menunjang tercapainya target LTT diperlukan kedisiplinan PPL sesuai dengan tupoksinya, konsolidasi intensif dengan aparat desa dalam pembinaan kelompok tani. Pemutakhiran data kelompok tani, penyampaian laporan tambah tanam tiap harinya, pemanfaatan media sosial untuk monitoring dan evaluasi kegiatan, serta evaluasi capaian target LTT dan strategi pemenuhan target khususnya untuk bulan oktober 2017.

Budi Wijayanto STP MSc dari STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta senantiasa menyampaikan bahwa Upsus Pajale merupakan salah satu strategi pencapaian visi kementerian pertanian yaitu ‘terwujudnya kemandirian pangan dan kesejahteraan petani’.

Apresiasi atas prestasi Kabupaten Cilacap dalam pencapaian target LTT tahun 2016/2017 sebagai hasil kerja keras berbagai pihak antara lain Dinas Pertanian, TNI, POLRI, Perguruan Tinggi, dan utamanya para petani. (team web)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here