stppyogyakarta.ac.id  Sebagai penanggungjawab Upaya Khusus (UPSUS) Padi Jagung Kedelai (Pajale) Kabupaten Kebumen, Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang terus melakukan upaya percepatan Luas Tambah Tanam (LTT).

Upaya tersebut dilakukan dengan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (RAKOR) UPSUS Kabupaten Kebumen pada hari Selasa tanggal 28 November 2017 di Hotel Candisari, Kebumen.  Rakor dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Kodim 0709/Kebumen, Polres Kebumen, Petugas POPT dan Petugas Statistik Kabupaten Kebumen dan seluruh petugas data UPSUS Pajale dari 26 kecamatan se- Kabupaten Kebumen.

Ketua STPP Magelang Ali Rachman menyampaikan bahwa percepatan LTT padi merupakan upaya untuk menjaga swasembada komoditas strategis nasional. Dengan terus melakukan percepatan tanam, diharapkan ketersediaan beras sebagai bahan pangan utama yang dibutuhkan masyarakat akan terus tersedia sehingga tidak perlu impor. Hal ini akan berdampak pada kestabilan harga pangan nasional.

Ali Rachman juga mengapresiasi koordinasi yang sudah terbentuk dengan baik antar instansi terkait dalam mensukseskan program UPSUS Pajale.

“Bulan November ini, Kabupaten Kebumen telah dapat melampaui target LTT padi dengan baik. Dari target 21.410 ha yang harus dicapai pada bulan ini, Kebumen sudah mencapai 23.624 ha. Ini merupakan hasil kerja keras dan koordinasi yang cantik antar instansi pendukung program LTT”, ungkap Ali Rachman.

Ketua STPP Magelang berharap bahwa sinergitas antar instansi terkait ini harus terus terjaga guna mengawal program LTT ke depan.

Sementara itu, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen menyampaikan bahwa pada musim tanam Oktober 2017 sampai dengan Maret 2018, Kabupaten Kebumen akan mencapai puncak tanam di bulan November dan Desember 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here