Idham Samawi Beri Kuliah Umum di STPP Jurluhtan Yogyakarta

0
293

Anggota DPR/MPR RI. Idham Samawi memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Jurluhtan Yogyakarta, Jl Kusumanegara, Sabtu (9/12). Kuliah umum dibuka Ketua STPP Magelang, Ir. Ali Rachman MSi. Kuliah umum mengambil  tema “Wawasan kebangsaan untuk mewujudkan kedaulatan pangan”.

Idham mengatakan, kedaulatan pangan harus dilakukan secara nyata, bukan hanya ketahanan pangan. Dengan kedaulatan pangan maka sumber sumber pangan bisa dikelola bangsa sendiri. Idham menekankan pentingnya wawasan kebangsaan dimiliki oleh para mahasiswa sebagai penerus bangsa. Ideologi yang berlandaskan Pancasila harus benar dipahami. Juga sejarah lahirnya Pancasila. “Janganlah melupakan sejarah, jangan mempelajari sepotong sepotong, jangan dipotong sejarahnya,” kata Idham.

Bicara soal kedaulatan pangan, Idham menyebut alasan para penjajah di Indonesia. Salah satunya karena masalah pangan dan produk pertanian atau rempah rempah kala itu. Jadi kalau sekarang sudah merdeka sudah seharusnya Indonesia bisa  berdaulat dengan produksi pangan.

Dicontohkan, saat menjabat bupati Bantul, saat harga komoditas pokok petani mengalami penurunan harga yang berdampak pada kesejahteraan petani, maka Pemkab Bantul segera mengambil kebijakan. “Kita bekerjasama dengan pihak terkait untuk mendapatkan informasi berapa sebenarnya harga yang sesuai untuk mendapat margin yang pantas diperoleh petani,” kata Idham.

Dengan langkah ini maka pertanian masih dianggap sebagai sektor yang penting dan menarik. Sehingga kedaulatan pangan bisa terwujud.

Sedang Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Gunawan Yulianto MSi menyebut, para mahasiswa didik menjadi SDM profesional lewat pendidikan pertanian. Para mahasiswa dididik menjadi pejuang kedaulatan pangan yang memiliki karakter merah putih. (tim web,  krjogja, 10 Des 2017)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here