Long March dan bakti sosial Gudep Raden Rama Wijaya dan Dewi Shinta

0
290

Yogyakarta (09/12)- Gugus Depan Dewi Shinta dan Rama Wijaya pangkalan STPP Jurluhtan Yogyakarta mengadakan kegiatan Long march yang dilepas oleh Wakil Ketua I Dr.Rajiman, SP,MP. dari kampus STPP menuju Puncak Becici di Dukuh Gunung Cilik, Munthuk Dlingo, Bantul, Yogyakarta, hari Sabtu dimulai pukul 15.30.

Kegiatan diikuti oleh 21 peserta dari anggota racana dengan berjalan kaki. Perjalanan sejauh 26 kilo mereka tempuh dengan waktu kurang lebih 6 jam. Setibanya dipuncak kegiatan selanjutnya adalah pembangunan tenda dan kegiatan malam keakraban. Kegiatan dilanjutkan pada hari Minggu (10/12)   bakti sosial konservasi air dan tanah dengan penanaman rumput indigosvera dan kaliandra.

Warga cukup antusias dengan kegiatan bakti sosial. “Selama ini warga yang memelihara ternak kesulitan dalam mencari pakan saat musim kemarau,  mereka terpaksa membeli pakan ternak bahkan sampai ke daerah lain. Dengan adanya penanaman rumput indigosvera dan kaliandra ini warga berharap dapat membantu pemenuhan pakan ternak pada saat musim kemarau. Kami juga mengharapkan kedepannya dapat dilakukan peninjauan kembali dan disosialisasikan kepada warga lain agar dapat membantu mata pencaharian warga yang mayoritas beternak sapi dan kambing”, ujar Rubikan kepala Pedukuhan Gunung Cilik.

DR.Rajiman, SP,MP mengatakan bahwa lembaga mendukung kegiatan positif yang dilakukan oleh anggota racana, kegiatan yang bersentuhan langsung dengan petani sebagai wujud pengaplikasian pendidikan penyuluhan bagi mahasiswa dapat dilakukakan secara rutin. Kegiatnnya berikutnya dapat bergerak dibidang on farm maupun off farm, seperti pengolahan atau teknik budidaya bahkan termasuk penyebaran varietas.

Penanaman rumput pakan ternak secara simbolik dilakukan oleh ketua Saka Taruna Bumi Daerah Istimewa Yogyakarta, kepala Pedukuhan Gunung Cilik, perwakilan dari Kelompok Wanita Tani dan Wakil Ketua I  STPP Jurluhtan Yogyakarta. Kegiatan diakhiri dengan penanaman langsung di lahan milik petani oleh anggota racana Raden Rama Wijaya dan Dewi Shinta dibantu oleh para petani Pedukuhan Gunung Cilik, Munthuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. (Zaimah Rifaatuzzakiyah, smt 1 C)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here