stppyogyakarta.ac.id     STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian (Jurluhtan) Yogyakarta saat ini sedang mengembangkan Smart Nursery di Kebun Praktek Celeban Kota Yogyakarta dan Sempu Kabupaten Sleman. Hal ini sesuai dengan tekad STPP Magelang Jurluhtan Yogyakarta untuk mencetak generasi petani muda digital dengan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI). Pemanfaatan TI di bidang pertanian kini semakin banyak digunakan. Kehadiran Internet of Things (IoT) mampu memberikan solusi inovatif bagi pencapaian efisiensi dan efektivitas penggunaan input pertanian untuk mencapai produksi yang maksimal.

IoT adalah keterkoneksian antar perangkat yang membentuk suatu sistem dimana sistem tersebut memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan internet tanpa memerlukan interaksi dari manusia maupun komputer. Di bidang pertanian, implementasi IoT antara lain: a) pengelolaan kebutuhan air tanaman, b) pengendalian organisme pengganggu tanaman, c) pertanian yang presisi, d) keamanan pangan dan e) peningkatan produksi dan produktivitas tanaman.

Cara kerja IoT adalah dengan melakukan monitoring secara langsung kondisi dinamis pada suatu lingkungan (misalnya: greenhouse) dengan parameter yang dimonitor adalah temperatur, kelembaban udara, internsitas cahaya, dan sensor yang lain. Kemudian dari pembacaan sensor tersebut akan dilakukan action untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman sehingga produksi dapat meningkat.

Dari penerapan IoT ini, STPP Magelang Jurluhtan Yogyakarta bertekad untuk mencetak generasi petani muda digital yang mampu menghasilkan produk pertanian baik benih maupun sayuran/buah segar yang berkualitas tinggi (wiwindkln@gmail.com). team web

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here