Ketua STPP Panen Padi Largo Superb Kebumen

0
416

Ketua STPP Magelang, Ir. Ali Rachman, M.Si bersama Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen panen padi gogo di Desa Banjarejo, Kecamatan Puring pada tanggal 31 Januari 2018.

Menurut Ali tanam padi gogo dengan sistem larikan gogo (Largo) Super di wilayah Puring mampu meningkatkan produksi padi sebanyak 1-3 ton/ha dari produktivitas padi gogo konvensional. “Varietas INPAGO merupakan hasil inovasi yang cukup signifikan dari Balai Besar Padi Sukamandi dalam meningkatkan produksi padi di Indonesia,” ungkap Ali.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh BPP Puring, Santoso,SE menjelaskan padi varietas unggul INPAGO 8 s/d 11 berhasil diujicobakan di Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. “Petani banyak yang menyukai varietas INPAGO karena rasanya yang enak dan produksi meningkat. Selain rasanya enak, ternyata hasil ubinan menunjukkan capaian yang signifikan diatas 6-7 ton/ha”, tegas Santoso.

Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penellitian BB Padi Sukamandi Dr. Suprihanto, SP, MSi menjelaskan INPAGO yang dikembangkan di Kabupaten Kebumen menggunakan metode larikan gogo (Largo). Metode ini memiliki beberapa keunggulan yaitu menggunakan biodekomposer sehingga mengoptimalkan pertumbuhan, menggunakan pupuk hayati dan menggunakan bioprotektor untuk mengendalikan hama penyakit.

“Petani dapat memilih varietas ini sekiranya cocok tidak hanya pada penampilan fisik dilapangan saja, namun juga dari rasa beras ketika sudah menjadi nasi”, ungkap Dr. Suprihanto, SP, MSi,

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen menekankan petani dalam mengembangkan padi gogo telah difasilitasi dengan berbagai macam bantuan untuk meningkatkan produktivitasnya.

“Kartu tani misalnya, hadir sebagai solusi pembayaran yang efisien yang memudahkan petani dalam menebus pupuk, benih dan input pertanian lainnya. Selain itu, hadirnya asuransi pertanian memberikan jaminan dan ketentraman kepada petani sehingga tidak perlu takut untuk gagal panen.”

Karena itu, Dia berharap semakin banyak petani yang memanfaatkan bantuan ini untuk mendukung kegiatan bertaninya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here