“SEMANGAT BARU, SELAMAT BERGABUNG DI BEM, BPM DAN PROVOST”

0
629

Kontributor Latifah Nur Hidayati V.C

Tiga organisasi resmi STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta, BEM, BPM dan Provost telah mengumumkan hasil seleksi rekruitmen anggota baru untuk periode 2018-2020 pada Senin, 1 Maret 2018 saat pelaksanaan apel pagi, sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) dan  Surat Tugas (ST) oleh Rajiman selaku wakil ketua I STPP Jurluhtan Yogyakarta, Hermawan selaku Ketua Jurusan dan Adi Prayoga selaku koordinator kemahasiswaan. ST dan SK diserahkan kepada perwakilan anggota baru masing-masing organisasi.  

Open recuitment (oprec) ketiga organisasi ini dilaksanakan dalam masa yang bersamaan, yaitu bulan February 2018. Oprec dibuka khusus untuk mahasiswa tingkat satu, dimaksudkan sebagai regenerasi keanggotaan, membuka peluang dan memberi kesempatan bagi mahasiswa tingkat I untuk bisa bergabung dan belajar berorganisasi.

Bagi BEM dan BPM, oprec tahun ini adalah yang pertama kalinya, mengingat tahun sebelumnya perekrutan dilakukakukan dengan cara pemilihan secara langsung oleh ketua organisasi. Kondisi ini berbeda dengan satuan  tugas Provost yang telah melakukan kegiatan open rekruitmen pada tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan ini berlangsung sukses.

“Banyak mahasiswa tingkat satu yang antusias mengikutinya. Terbukti dari jumlah mahasiwa yang berminat mendaftar untuk mengikuti seleksi cukup banyak,” ujar Wahyu Daman selaku ketua panitia oprec BEM.

Masing-masing organisasi kemahasiwaan memiliki tahapan test yang berbeda. Seleksi keanggotaan BEM dilakukan 2 tahap, meliputi test tertulis dan test wawancara. Peserta oprec BEM yang dikuti 34 mahasiswa menyisakan 15 anggota baru. Sementara BPM,  4 anggota baru berhasil terpilih dari 15 peserta dalam 3 tahap seleksi, yaitu test tertulis, test wawancara dan test psikologis. Seleksi keanggotaan Provost dilakukan sebanyak 6 tahapan yang terbagi dalam test tertulis, test Persatuan Baris Berbaris (PBB), test fisik, test wawancara dan mental serta test grafis. Hasil seleksi  PROVOST menerima 20 anggota baru dari 34 pendaftar.

Pelaksanaan oprec ini untuk mendapatkan anggota yang baik sesuai kualifiasi tiap organisasi, sehingga diharapkan mampu membangun organisasi lebih maju.

“Kami berharap, khususnya dari BEM, dapat lebih aktif dengan beragam kegiatan yang inovatif, terutama dengan adanya pemikiran baru dari anggota baru,” ujar Ardianto, selaku Presiden BEM saat dimintai pendapatnya tentang pelaksanaan oprek yang barusan selesai. Sedangkan Wildan Army, selaku Komandan PROVOST mengungkapkan harapannya bahwa dengan oprec ini, PROVOST bisa mendapatkan anggota baru yang benar-benar bisa menjadi pelopor kedisiplinan dan bisa mengajak teman-teman mahasiswa yang belum disiplin bisa menjadi lebih disiplin, serta memiliki jiwa kepemimpinan dan bisa membangun organisasi Satgas PROVOST lebih maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here