Bupati Kayong Utara ‘Road Show’ ke STPP Jurluhtan dan Jurluhnak

0
357

Bupati Kayong Utara H.Hildi Hamid berkunjung ke Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) jurluhtan yogyakarta dan Jurluhnak Magelang, belum lama ini. Bupati melakukan kunjungan beserta anggota DPRD Kayong Utara untuk silaturahmi dengan mahasiswa Kayong Utara yang menuntut ilmu di STPP.

Kegiatan digelar di aula Jurusan Penyuluhan Peternakan STPP Magelang. Seperti diketahui STTP Magelang menjadi pilihan Kab Kayong Utara untuk beasiswa perkuliahan bagi mahasiswa putra daerah.

Wakil Ketua l STPP Magelang, Dr. Radjiman mengatakan ada 61 orang mahasiswa asal Kayong Utara. Mereka terbagi dalam 2 jurusan yakni 29 orang di jurusan penyuluhan pertanian dan 32 mahasiswa Jurusan Penyuluhan Peternakan.

Bupati Hildi menyebut sengaja membawa rombongan anggota DPRD untuk melihat secara langsung mahasiswa Kayong Utara di STPP. “Kontribusi  sektor pertanian alami penurunan dari 65 % sekarang hanya tinggal 48%,” katanya.

Disebutkan salah satu penyebab penurunan karena faktor pendidikan, karena hampir 50 persen lulusan SD. Hal ini membuat Pemkab Kayong Utara melakukan program pendidikan gratis dan beasiswa perkulihan.

“STPP dipilih karena dianggap mampu mencetak lulusan yang berkompeten dan juga mendidik karakter. Kami harapkan mahasiswa dari Kayong Utara mampu menjadi entertainer dibidang pertanian,” kata Hildi.

Acara makin meriah dengan selingan hiburan pencak silat dan syair gulung. Sebelumnya juga digelar pagelaran akustik lantunan lagu lagu Kayong Utara.

Ketika acara diskusi, mahasiswa menyebut di STPP banyak belajar mengenai penyuluhan dan juga wirausaha. Apakah nantinya Pemkab akan mendukung dan membantu dalam proses penyediaan alat dan bahan, juga dalam proses pengembangan peternakan seperti bibit sapi.

Pihak Pemkab Kayong Utara menjelaskan, ada 43 desa di Kayong Utara, namun hanya ada 25 penyuluh dan PNS 3 orang, lainnya pegawai kontrak. Jadi penyuluh pertanian masih diperlukan. Sehingga pengiriman mahasiswa yang berkompeten untuk menimba ilmu di STPP adalah langkah yang tepat.

Selain itu, Pemda siap membantu mahasiswa untuk berwirausaha dibidang pertanian atau peternakan.

Salah satu anggota DPR Kayong Utara menyatakan, bahwa STPP ini tidak hanya mendidik dibidang ilmu pengetahuan  tetapi juga mendidik kecerdasan emosi dan kedisiplinan mahasiswa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here