Pustakawan Ahli STPP Jurluhtan Kunjungi Perpustakaan Nasional Singapura

0
455

Perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan karena di dalamnya tersedia begitu banyak informasi yang dapat digunakan oleh masyarakan dengan kekayaan sumber ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Perpustakaan merupakan unit kerja yang mengelola karya tulis, karya cetak dan karya rekam yang dikelola secara profesional berdasarkan sistem yang baku untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan pencapaikan misi, visi dan tujuan Kementerian Pertanian.

Dalam mengemban tugas tersebut, pustakawan dituntut untuk meningkatkan kinerjanya secara profesional agar mutu pelayanan perpustakaan menjadi lebih baik dan pengguna yang dilayani merasa puas.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan hal diatas, STPP Jurluhtan Yogyakarta mengirim  Sri Rahayuningsih, SH (Pustakawan Ahli) mengikuti Temu Teknis Pengelola Pustaka ke Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) Bogor. Acara diselenggarakan pada tanggal 10-13 April 2018 bertempat di Hotel Sahid Batam, Kepulauan Riau dilanjutkan Studi ke Perpustakaan Singapura.  Kegiatan diikuti pustakawan dan pengelola perpustakaan lingkup Kementerian  Pertanian sebanyak 100 Orang.

Materi yang diberikan antara lain Kebijakan Pengembangan Perpustakaan Kementerian Pertanian, Sosialisasi DUPAK online, Motivasi bagi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan Sosialisasi Pembaharuan berbagai Aplikasi Digital Lingkup Kementerian Pertanian, Penulisan Karya Ilmiah dan Studi banding ke Perpustakaan Nasional Singapura dan Museum Singapura

Sasaran akhir kegiatan ini adalah meningkatkan motivasi kerja pustakawan dan pengelola perpustakaan.

“ Kedepan pustakawan dan pengelola perpustakaan harus mampu memanfaatkan teknologi informasi guna menyusun DUPAK dan strategi pengumpulan angka kredit”. Ungkap Sri Rahayuningsih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here