Dosen STPP Jurluhtan Lakukan Monitoring Optimalisasi Alsintan

0
179

Ir. Miftakhul Arifin, M.Pd, dosen Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Jurusan Penyuluh Pertanian (Jurluhtan) Yogyakarta melakukan Monitoring dan Evaluasi Pendampingan Mahasiswa, mengenai optimalisasi penggunaan alsintan, Sabtu (21/04/2018) di Kec.  Kebak Kramat, Karanganyar. Arifin selaku dosen pembimbing, ikut terjun langsung dilahan sawah milik petani bersama-sama dengan mahasiswa. Ini dilakukan untuk melihat langsung pengoperasian rice transplanter, yang sedang menggarap lahan milik petani Desa Papahan.

Dalam kegiatan tersebut selain didampingi oleh dosen pembimbing juga didampingi oleh manager Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) ‘Sari Rejeki’, Suyadi, yang sekaligus  operator rice transplanter pada waktu itu.

“Desa Pulosari ini ada satu masalah serius yakni, kurangnya minat para generasi muda dalam pembangunan kemajuan pertanian dalam hal pengoperasian alsintan. Adanya program pendampingan mahasiswa STPP kami harap bisa menarik minat pemuda desa dalam menggunakan alsintan”, jelas Suyadi.

Selain itu, mahasiswa juga ikut serta dalam proses penanaman padi menggunakan rice transplanter, dengan luasan lahan sekitar 2 Hektare. Dengan menggunakan alat mesin ini, penanaman padi dirasa cukup efektif dan efisien, karena dapat mengurangi biaya produksi jika dibandingkan dengan sistem tanam manual. Hal ini juga diakui pemilik lahan. Dengan menggunakan rice transplanter dapat mempercepat waktu penanaman. Juga  bisa menghemat tenaga kerja dibandingkan sistem tanam manual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here