Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Jurluhtan Tanam Refugia di Klaten

0
205

Beberapa ini 10 mahasiswa pendampingan dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian – STPP Yogyakarta di Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah menanam refugia dengan kelompok tani (Poktan) Sri Sadono dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Desa Jimbung sejak pagi hari.

Kegiatan penanaman refugia diawali sejak Kamis pekan lalu (19/4) oleh 10 mahasiswa STPP Yogyakarta jurusan penyuluhan pertanian (Jurluhtan) yang ditempatkan di Desa Jimbung.


Penanaman  refugia dilakukankan di sepanjang tepi saluran irigasi barat dari ´lahan bengkok´kepala desa di Dukuh Ngasinan yang meliputi pembersihan saluran irigasi dari gulma dan sampah yang menyumbat, serta penanaman refugia jenis bunga kenikir di sepanjang tepi parit.

PPL Tugiman mengatakan refugia berfungsi sebagai habitat untuk musuh alami hama wereng dan hama yang lain, sehingga hama yang ada di sawah petani menjadi berkurang dan hasil panen pun bisa meningkat. Refugia juga mempercantik wilayah yang ditanami tersebut.

“Penanaman refugia adalah program dari bupati Klaten sejak dua tahun yang lalu, program ini sudah dilombakan di sebagian wilayah yang ada di Klaten,” kata Tugiman.

Kepala Bagian Administrasi Umum STPP Yogyakarta, Irwan Johan Sumarno mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan program pengabdian masyarakat agar mahasiswa dapat berinteraksi dan mengenali kondisi lapangan sebelum mereka terjun sebagai lulusan Jurluhtan STPP Yogyakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here