Kecamatan Bulupesantren Bero Terluas jadi Target Utama PJ Upsus Kebumen

0
571

Optimalisasi lahan tidur (lahan bera) di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah di bawah koordinasi PJ Upsus Pajale, Ali Rachman membidik Kecamatan Bulupesantren sebagai prioritas utama mengingat luasnya mencapai 1.073 hektar atau yang terluas dari 26 kecamatan, sementara total lahan bera di seluruh Kebumen mencapai 13.011 hektar.

Lahan Bera Terluas, Kecamatan Bulupesantren jadi Target Utama PJ Upsus Kebumen

Ali Rachman pun melakukan koordinasi dengan TNI AD khususnya Kodim 0709/Kebumen untuk mendukung optimalisasi lahan bera sehingga dapat dimanfaatkan petani setempat untuk menanam padi, jagung, dan kedelai (Pajale). Koordinasi serupa dilakukan PJ Upsus Pajale Kebumen dengan para penyuluh pertanian lapangan (PPL) di Kebumen.

“Tim Upsus Kebumen meningkatkan koordinasi dengan Kodim 0709 Kebumen untuk mencapai target optimalisasi lahan bera, mengingat potensinya sangat besar untuk meningkatkan produksi Pajale,” kata Ali Rachman yang menjabat Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian – STPP Yogyakarta melalui pernyataan tertulis, belum lama ini.

Dari hasil koordinasi intensif, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Kebumen, Kapten Inf Bambang menyatakan bahwa pihaknya sudah koordinasi dengan 26 komando rayon militer (Koramil) di tiap kecamatan.

“Kami minta Danramil untuk mengoptimalkan pengolahan lahan bera sehingga dapat digunakan petani untuk menanam Pajale,” kata Kapten Inf Bambang yang melaksanakan arahan Komandan Kodim 0709/Kebumen, Letkol Kav Suep.

Endah, PPL di Kecamatan Bulupesantren mengatakan bahwa petani sudah mulai menggarap lahan bera, seiring masih intensnya curah hujan dan petani juga baru selesai memanen padi hasil musim tanam pertama (MT1), kini sudah banyak traktor roda (TR2) dan TR4 untuk mengolah tanah.

Dia berharap dukungan PJ Upsus Kebumen dan Kodim 0709/Kebumen dapat meminimalisir lahan bera, artinya sebagian besar sudah dimanfaatkan untuk lahan pertanian Pajale pada musim tanam kedua (MT2). Saat ini total lahan baku di Kecamatan Bulupesantren mencapai 2.089 hektar dan lahan kering 990 ha

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here