Mahasiswa STPP Jurluhtan Dilibatkan Program OPA Alsintan di Sukoharjo

0
293

stppyogyakarta.ac.id 10 Mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian – STPP Yogyakarta dilibatkan pada kegiatan pendampingan Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPA) mulai Kamis (27/4) di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, sasaran kegiatan untuk inventarisasi seluruh Alsintan bantuan Pemerintah RI melalui Kementerian Pertanian RI dan Alsintan milik pribadi di tangan petani maupun kelompok tani (Poktan).

Ke-10 mahasiswa tersebut sejak minggu kedua April 2018 telah melakukan inventarisasi alat dan mesin pertanian di 16 desa. Mereka bekerja didampingi dosen Ir Rika Nalinda MP di bawah koordinasi Kepala UPTD setempat, Sumardi didukung Joko, penyuluh pertanian THL yang mengelola unit pelayanan jasa Alsintan (UPJA) Tani Jaya.

Kabag Administrasi Umum STPP Yogyakarta, Irwan Johan Sumarno menutirkan bahwa secara teknis mahasiswa mencatat dengan teliti dan cermat setiap alat yang ditemukan, dihitung jumlahnya, diperiksa kondisi dan kelaikannya, dan didata pemanfaatannya.

“Mahasiswa mencatat hasil inventarisasi di lapangan. Masih ada peralatan yang pemanfaatannya belum optimal,” kata Irwan JS.

Menurutnya, kehadiran ke-10 mahasiswa STPP Yogyakarta didukung penuh oleh warga Kecamatan Nguter dan Lurah Desa Kedung Winong tempat mereka menetap selama kegiatan pendampingan berlangsung.

“Pengiriman mahasiswa ke lapangan ini memberikan manfaat positif bagi mahasiswa, civitas academica, dan warga setempat sebagai implementasi Tri Dharma perguruan tinggi khususnya untuk pengabdian masyarakat,” kata Irwan JS.

Dia menambahkan, keterlibatan mahasiswa di tengah masyarakat dapat menjadi media transfer pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat, di sisi lain mahasiswa dapat belajar banyak tentang berbagai aspek kehidupan nyata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here