Pengendalian Hama Keong Mas dengan Ekstrak Bawang Putih

0
201

Teknologi pengendalian hama keong mas dengan menggunakan ekstrak bawang putih bisa dilakukan pada tanaman padi, termasuk pada padi varietas Sembada.
Penyuluhan penggunaan ekstrak bawang putih ini dilakukan dalam rangka Karya Ilmiah Penugasan Akhir (KIPA) oleh  mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertania (STPP) Magelang Jurluhtan Yogyakarta, Y Joko H Rian Seno.

Penyuluhan dilakukan belum lama ini, dengan peserta dari Kelompok Tani Rukun di Padasan dan Kelompok Tani Sido Mulyo di Desa Candi Binangun Kecamatan Pakem Sleman. Kegiatan ini dibawah bimbingan dosen STPP Jurluhtan Yogyakarta,  R Hermawan SP MP dan penyuluh Kecamatan Pakem, Suwarna SST.

Pada para petani, Joko mendemonstrasikan praktek pembuatan ekstrak bawang putih untuk pengendalian hama keong mas pada tanaman padi. Ekstrak bawang putih ini sangat dianjurkan pengaplikasiannya di lahan usaha tani padi sawah karena ramah lingkungan. “Ekstrak bawang putih dapat juga berfungsi sebagai penolak kehadiran serangga,” kata Joko pada saat penyuluhan.

Dengan demikian selain mempertahankan sistem pengendalian keong mas baik secara mekanis dan kultur teknis berbasis lokal, pengendalian hama keong mas menggunakan ekstrak bawang putih perlu diterapkan dilahan usahatani padi varietas sembada. Hal ini supaya siklus hidup keong mas terputus, sehingga secara bertahap populasinya akan tertekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here