Pemkab Cilacap Apresiasi Capaian Target Upsus LTT Oktober – Maret 2018

0
259

Pemerintah Kabupaten Cilacap mengapresiasi kinerja Tim Upsus luas tambah tanam (LTT) atas capaian target LTT Cilacap periode Oktober 2017 hingga Maret 2018 sebagai hasil kerja keras para petani, dinas pertanian, TNI AD, Polri, perguruan tinggi dan pihak-pihak terkait di bawah kendali Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian – STPP Magelang, Ali Rachman, Penanggung Jawab Upsus Pajale Kabupaten Cilacap.

Apresiasi tersebut dikemukakan Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman atas capaian LTT Cilacap sebagai pengejewantahan koordinasi intensif dan kerjasama semua pihak terkait, sehingga dapat mendukung Cilacap memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri hari ini dan esok dari tanahnya sendiri.
Pemkab Cilacap Apresiasi Capaian Target Upsus LTT Oktober - Maret 2018
“Para petani di Cilacap sebagai pelaku utama produksi pangan harus memiliki jiwa wirausaha dengan melakukan banyak inovasi di bidang pertanian,” katanya pada rapat koordinasi dan pemberian penghargaan kepada SDM berprestasi di Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya, belum lama ini.

Dia mengingatkan bahwa petani juga harus memiliki kepekaan dalam memanfaatkan lahan yang dimiliki untuk membuka usaha lain seperti subsektor perikanan dan peternakan. Tentunya, petani dengan jiwa wirausaha akan lebih berdaya dan bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara mendukung swasembada pangan.

Kepemilikan lahan pertanian maupun lahan pekarangan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, misalnya, budidaya ikan di lahan sawah mina padi, menanam cabe di pekarangan rumah, pengembangan budidaya unggas.

“Menjadi petani harus bisa menyesuaikan dengan alam. Inovasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani,” kata Syamsul Auliya Rachman.

Dia juga mengapresiasi kinerja penyuluh pertanian lapangan (PPL) yang peranannya sangat strategis untuk membantu petani, dan Cilacap memiliki jumlah PPL berusia muda yang relatif banyak dan diharapkan dapat menjadi penggerak pembangunan pertanian bersama TNI AD.

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Cilacap memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada petani, penyuluh dan bintara pembina desa (Babinsa) yang berprestasi.

Sementara Liaison Officer – LO Upsus Pajale Kabupaten Cilacap, Budi Wijayanto menilai arahan Wakil Bupati Syamsul AR sejalan dan mendukung pencapaian visi Kementerian Pertanian RI yakni ´terwujudnya kemandirian pangan dan kesejahteraan petani´ dengan program kegiatan  UPSUS LTT Pajale, pengembagan wirausaha muda pertanian, pemanfaatan alsintan, pemanfaatan pekarangan sebagai kawasan rumah pangan lestari (KRPL) dan program bedah kemiskinan rakyat sejahtera – Bekerja sebagai solusi pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here