Maksimalkan Fungsi Posko dukung Target LTT Upsus Pajale

0
405

Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian ( STPP) Magelang, Ir. Ali Rachman M.Si bersama-sama dengan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Ir. Yuni Astuti, MA, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Ir. Gunawan, MM, seiring sejalan dalam komitmen dan aksi nyata mendukung pencapaian target-target LTT (Luas Tambah Tanam) upsus (upaya khusus) padi jagung kedele (pajale).

Belum lam ini, di penghujung April mereka bertiga beserta jajarannya, melaksanakan monitoring dan evaluasi dalam rangka memaksimalkan fungsi pos komando, untuk pencapaian target LTT. Kegiatan dilaksanakan di Kecamatan Cilacap Utara, Kesugihan dan Maos. Di setiap lokasi, diadakan diskusi yang melibatkan masyarakat petani.

Ali Rachman, Penanggung Jawab Upsus Kabupaten Cilacap menyatakan pendirian Posko Percepatan LTT berkat dukungan TNI Kodim 0703 Cilacap. “Posko  bertujuan untuk mempermudah kordinasi gerakan olah tanah dan gerakan pertanaman oleh Dinas Pertanian, Penanggung Jawab Upsus Kabupaten/Kota, Kodim, Koramil, Kecamatan, Desa, Penyuluh, Babinsa dan poktan/gapoktan,” kata Ali.

Data menunjukkan, pada 19 April 2018 LTT padi 13.499 ha, dan pada 29 April 2018 LTT padi menjadi 28.355 ha. Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap LTT dengan strategi pendirian posko percepatan.

Yuni Astuti, MA menyampaikan, dengan monitoring turun langsung dapat diketahui kondisi sesungguhnya, dan mengetahui kendala-kendala yang ada. “Kami bisa memberikan masukan dan bantuan serta tidakan nyata sebagai solusi secara cepat, tepat dan efektif. Kabupaten Cilacap merupakan andalan Jateng bahkan nasional  pencapaian target LTT ,” kata Yuni.
Selain itu, alat mesin pertanian diharapkan bisa dimanfaatkan secara optimal. Juga mengajak generasi muda sebagai strategi regenerasi SDM pertanian.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Ir Gunawan, MM, menegaskan, keberhasilan pembangunan pertanian di Kabupaten Cilacap merupakan hasil kerja keras berbagai pihak antara lain Dinas Pertanian, TNI, POLRI, Perguruan Tinggi, dan utamanya para petani. Gunawan optimis untuk pencapaian target periode April, September dan Oktober 2018.

Leader Officer Upsus Pajale Kabupaten Cilacap Budi Wijayanto, S.TP., M.Sc, mengatakan, Posko Percepatan LTT perlu dipertahankan keberadaanya di lokasi-lokasi potensial dan bersentuhan langsung dengan rutinitas masyarakat petani. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here