Sebanyak 10 mahasiswa Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang dikirim untuk melakukan pengabdian masyarakat bergabung dengan sejumlah mahasiswa pendampingan optimalisasi pemanfaatan alat mesin pertanian (alsintan) di kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Bimbingan teknis pemanfaatan alat dan mesin pertanian dilaksanakan Selasa (8/5).

Dr. Rajiman, Wakil Ketua STPP saat pelepasan mahasiswa berpesan, agar mahasiswa dapat beradaptasi dg lingkungan, berinteraksi dg masyarakat petani dan siap memberikan solusi dalam operasional alat dan mesin pertanian. “Langkah ini mendukung upaya khusus swasembada pangan,” kata Rajiman.

Sebagai pendamping mahasiswa STPP Magelang menugaskan Budi Wijayanto S.TP, M.Sc. Program pendampingan mahasiswa di sejumlah kabupaten wilayah provinsi Jawa Tengah, selanjutnya akan diperpanjang selama 5 bulan.

Hermawan SP MP,  Ketua Jurusan Penyuluhan Pertanian STPP Yogyakarta menyatakan, kegiatan tersebut fokus dalam mendukung program optimalisasi pemanfaatan alsintan sehingga mahasiswa yang yg dikirim, mempunyai ketrampilan dalam operasional dan maintenance alat dan mesin pertanian.

“Sebagai calon penyuluh dari sekolah vokasi, memang seyogyanya memiliki ketrampilan yg lengkap dalam berbagai kegiatan budidaya pertanian,” tambah Hermawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here