PKL Tematik, Mahasiswa Polbangtan Yogya – Magelang Dukung Bimtek Alsintan

0
187

Sejumlah mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian – Polbangtan Yogyakarta – Magelang) mengikuti praktik kerja lapangan (PKL) tematik optimalisasi pemanfaatan Alsintan (Opsin) di Kabupaten Magelang pada Rabu (18/7). Delapan mahasiswa mengikuti PKL Tematik Opsin di Kecamatan Candimulyo dan Tegalrejo sebagai instruktur dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) operasional traktor roda empat (TR4).

PKL Tematik, Mahasiswa Polbangtan Yogya - Magelang Dukung Bimtek Alsintan

Sekitar 25 orang mengikuti Bimtek untuk operasional, perawatan, dan kiat meminimalisir kecelakaan saat mengoperasikan TR4. Kegiatan Bimtek merupakan  sinergi dengan PT Yanmar, sementara pelaksana kegiatan adalah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magelang menggandeng Balai Alsintan Provinsi Jawa Tengah.

“Hadir pula peserta yang dalam kesehariaannya sudah terbiasa sebagai operator di lahan pertanian sehingga terjadi diskusi dan saling memberikan masukan secara baik,” kata staf Polbangtan Yogya – Magelang, Budi Wijayanto.

Menurutnya, pengelolaan Alsintan secara profesional melalui usaha jasa pelayanan Alsintan (UPJA) melalui pendekatan manajemen bisnis sehingga membuka peluang kerja bagi generasi muda di pedesaan.

Koordinator Tim Alsintan Polbangtan Yogya – Magelang, Irwan Johan Sumarno mengatakan mekanisasi pertanian dengan memanfaatkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) berperan penting dalam usaha pertanian seperti mengerjakan tugas khusus atau sulit dikerjakan oleh manusia, menyediakan tenaga untuk daerah yang kekurangan tenaga kerja, antisipasi minat kerja di sektor pertanian yang terus menurun, meningkatkan kapasitas kerja sehingga luas tanam dan intensitas tanam dapat meningkat.

“Peran penting lain Alsintan adalah meningkatkan kualitas sehingga ketepatan dan keseragaman proses dan hasil dapat diandalkan serta mutu terjamin, meningkatkan kenyamanan dan keamanan sehingga menambah produktivitas kerja, dan memberikan peran dan ruang dalam pertumbuhan di sektor nonpertanian,” kata Irwan JS yang menjabat Kabag Administrasi Umum Polbangtan Yogya – Magelang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here