Target MT3 Kebumen, STPP Magelang Dukung Alsintan di Kecamatan Ayah

0
179

Petani di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah menyambut baik dukungan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian – STPP Magelang untuk mengoptimalkan target luas tambah tanam (LTT) padi seluas 376 hektar untuk Juli 2018 di musim tanam ketiga (MT 3).

“Kami telah meminjamkan dua unit Alsintan untuk Kabupaten Kebumen. Satu unit traktor roda dua di Kecamatan Ayah, dan satu unit pompa air di Kecamatan Ambal untuk mendukung petani mencapai target LTT,” kata Koordinator PJ Optimalisasi Alsintan wilayah Korem Pamungkas, Irwan Johan Sumarno di Yogyakarta, belum lama ini.

Irwan JS menambahkan, bahwa Alsintan merupakan salah satu komponen sistem produksi yang sangat vital dalam peningkatan produktivitas untuk menekan biaya produksi, meningkatkan kualitas produksi, dan menyejahterakan para petani. Namun banyak petani tidak memahami secara detail perawatan alsintan yang harus dipelihara agar dapat digunakan untuk jangka panjang sebagaimana halnya barang modal.

“Modernisasi pertanian melalui pengembangan mekanisasi pertanian dari pra panen, panen, pasca panen, pengolahan hasil sudah menjadi tuntutan dalam pembangunan pertanian, dan meningkatkan kesejahteraan petani,” kata Irwan JS yang juga menjabat Kabag Administrasi Umum STPP Magelang.

Dia mengharapkan, pemerintah daerah menginisiasi terwujudnya konsolidasi lahan sebagai prasarana untuk mekanisasi pertanian.

Potensi Kebumen
Sebelumnya diberitakan, Penanggung Jawab Upsus Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah mengharapkan dukungan para petani, dinas pertanian, dan para pemangku kepentingan di Kebumen untuk mengoptimalkan target LTT padi seluas 376 hektar untuk Juli 2018 pada MT3. Kecamatan Ayah dinilai paling potensial dari 26 kecamatan di Kebumen, karena potensi LTT-nya mencapai 200 hektar di lima desa.

“Dari hasil inventarisasi di lapangan, Kecamatan Ayah punya potensi untuk mengejar target 376 hektar, sehingga telah dilaksanakan musyawarah dengan seluruh kelompok taninya,” kata Ali Rachman dalam arahan yang disampaikan oleh Kodradi pada rapat koordinasi LTT Kecamatan Ayah, Kebumen pada Senin (16/7).

Dia menambahkan rapat LTT di Kecamatan Ayah merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan rapat koordinasi (Rakor) Upsus Pajale di Solo pada pekan lalu (13/7) yang digelar oleh Direktorat Jendral Tanaman Pangan (Ditjen TP). Dalam Rakor di Solo tersebut, Kebumen mendapat target LTT Juli seluas 376 hektar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here