Pendampingan Mahasiswa Polbangtan Yogya Untuk Petani Karanganyar

0
162

Sebanyak 34 mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian dari  Polbangtan Yogyakarta – Magelang kembali ke kampus (back to campus) setelah ´pendampingan mahasiswa´ selama satu bulan pada sembilan kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan Alsintan (Opsin) yang dicanangkan Kementerian Pertanian RI sejak awal 2018.

Petani Karanganyar Apresiasi `Pendampingan Mahasiswa` Polbangtan Yogya - Magelang

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Karanganyar, Supramnaryo MM mengapresiasikehadiran 34 mahasiswa pendamping di Karanganyar, khususnya pada penyelenggaraan unit jasa pelayanan Alsintan (UPJA) mendorong tumbuhnya pemanfaatan optimal, kegiatan sewa-menyewa, pemeliharaan dan perawatan berjalan transparan dan penyusunan laporan yang akuntabel.

“Kalau sebelumnya satu unit Alsintan hanya bisa digunakan oleh satu orang, kini sudah dapat dioperasikan oleh orang lain setelah dibimbing dan praktik pemakaian Alsintan,” kata Supramnaryo di Karanganyar pada Selasa (31/7).

Direktur Polbangtan Yogyakarta – Magelang, Ali Rachman mengatakan aktivitas pembelajaran di luar kampus bertujuan mendukung program pembangunan pertanian untuk mengidentifikasi potensi wilayah dari tingkat dusun, desa, hingga kecamatan, dan melaksanakan tugas sebagai penyuluh pertanian pada situasi nyata di tengah masyarakat.

“Pendampingan mahasiswa merupakan proses belajar sebagai bagian persyaratan akademik. Kami sebagai pembimbing menyampaikan permohonan maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama proses PKL berlangsung,” kata Ali Rachman dalam arahannya yang disampaikan oleh Kabag Administrasi Umum Polbangtan Yogyakarta – Magelang, Irwan JS.

Tampak hadir Pasiter Kodim 0727/Karanganyar, Kapten Inf Supardi mewakili Dandim Letkol IM Muchtar; dan para camat di seluruh Karanganyar.

Irwan JS mengutip Ali Rachman menambahkan, keterlibatan mahasiswa di tengah masyarakat dapat menjadi media transfer pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat, di sisi lain mahasiswa dapat belajar banyak tentang berbagai aspek kehidupan nyata.

“Pengiriman mahasiswa ke lapangan ini memberikan manfaat positif bagi mahasiswa, civitas academica, dan warga setempat sebagai implementasi Tri Dharma perguruan tinggi khususnya untuk pengabdian masyarakat,” kata Irwan JS mengutip Ali Rachman.

Menurutnya, kehadiran ke-34 mahasiswa Polbangtan Yogya – Magelang didukung penuh oleh petani dan warga Kabupaten Karanganyar selama kegiatan pendampingan berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here