Dharma Wanita STPP Jurluhtan Dukung Diversifikasi Pangan Adakan Lomba Olahan Tempe

0
112

Kementerian Pertanian RI mengajak masyarakat mengembangkan potensi sumber pangan lokal, dan mengubah pola pikir bahwa beras/nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat. Semangat itu pula yang mendorong Dharma Wanita Persatuan STPP  jurusan penyuluhan pertanian (Jurluhtan) Yogyakarta mengadakan ´lomba masak tempe olahan´ yang diikuti 30 peserta dan dihadiri oleh 80 anggota dharma wanita.

Lomba Olahan Tempe, Dharma Wanita STPP Magelang Dukung Diversifikasi Pangan

Ketua Dharma Wanita, Ibu Ali Rachman mengapresiasi kehadiran dan partisipasi 80 anggota dharma wanita, khususnya kepada 30 peserta ´lomba memasak olahan tempe dan tahu´ yang membuktikan bahwa Indonesia sangat kaya akan ragam bahan pangan lokal.

Untuk mendukung diversifikasi pangan, harus disajikan menarik sehingga memiliki daya tarik untuk meningkatkan nilah tambahnya, karena diversifikasi pangan menjadi tema penting dalam pembangunan ketahanan pangan Indonesia,” kata Ibu Ali Rachman di Yogyakarta, Minggu (26/8).

Adapun juara lomba olahan tempe adalah Ibu Irwan Johan Sumarno sebagai juara pertama. Ibu Geraldo dan Ibu Ani Muhartati, juara ke-2 dan ke-3. Sementara untuk olahan tahu, juaranya adalah Ibu Novi Perwita. Ibu Surono dan Tumijan, juara ke-2 dan ke-3.

Sementara Ketua STPP Magelang, Ali Rachman mengingatkan tentang kaum ibu sebagai pendamping sangat strategis dalam pendidikan dan menunjang pekerjaan suami. Peranan dharma wanita terkait erat dengan kegiatan sosial, sehingga harus mampu berbagi rasa, dan peka terhadap lingkungan.

“Tentunya berbagi 2,5 persen kepada korban gempa Lombok tidaklah membebani sesuai perintah agama, jika lebih banyak tentu lebih baik,” kata Ali Rachman dalam pertemuan rutin Dharmawanita STPP Jurluhtan.

Dia mengajak kaum ibu di STPP Jurluhtan meningkatkan interaksi dan komunikasi agar ikatan kekeluargaan pengurus dan anggota semakin kuat dan mampu menjalankan roda organisasi lebih profesional sekaligus memberi manfaat kepada masyarakat.

Ali Rachman juga berpesan tentang hangatnya suasana politik akhir-akhir ini, agar tidak terpecah-belah dan memicu permusuhan karena kepentingan politik.

“Saya ingatkan lagi, sesuai tupoksi STPP Jurluhtan maka para anggota dharma wanita mendukung pencapaian swasembada pangan berkelanjutan, misalnya memanfaatkan pekarangan rumah untuk kawasan rumah pangan lestari atau KRPL,” katanya lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here