PJ Upsus Kebumen Apresiasi Bantuan Sumur Bor dan Alsintan dari ESDM dan Kementan

0
117

Penanggung Jawab Upsus Swasembada Kabupaten Kebumen – Provinsi Jawa Tengah, Ali Rachman mengapresiasi bantuan sumur bor dari Badan Geologi Kementerian ESDM dan puluhan unit alat mesin pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian untuk warga dan petani Desa Merden, Kecamatan Padureso untuk membantu petani setempat mengatasi dampak kekeringan dari musim kemarau tahun ini.

PJ Upsus Kebumen Apresiasi Bantuan Sumur Bor dan Alsintan dari ESDM dan Kementan

Bantuan sumur bor diserahkan oleh Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar; sementara 84 unit Alsintan berbagai tipe dan fungsi diserahkan oleh Direktur Alsintan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Bustanul Arifin Caya kepada petani Desa Merden pada Selasa (28/8).

Peresmian penggunaan sumur bor dilakukan oleh Anggota Komisi XI DPR RI, HM Romahurmuziy dan Anggota AKN IV Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) Rizal Djalil disaksikan oleh Dirjen Tanaman Pangan Kementan, Sumarjo Gatot Irianto. Turut hadir Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Yuni Astuti; Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Puji Rahayu.

Ali Rachman mengharapkan bantuan sumur bor untuk air bersih dapat digunakan oleh petani dan warga Desa Merden untuk memenuhi kebutuhan air bersih mereka.

“Semoga bantuan sumur bor air bersih ini dapat mengatasi permasalahan air bersih khususnya di musim kemarau,” kata Ali Rachman yang juga Ketua STPP Magelang.

Sementara bantuan Alsintan dari Kementan dharapkan dapat mendukung percepatan pengolahan tanah, penanaman dan panen di dalam kelompok penerima bantuan maupun di luar kelompok tani (Poktan).

“Alsintan dibeli dari uang rakyat dan kembali ke rakyat, Poktan penerima harus mampu mendayagunakan Alsintan tersebut untuk memajukan pertanian secara bersama-sama,” kata Dirjen PSP.

Kabag Administrasi Umum STPP Yogyakarta, Irwan Johan Sumarno mengatakan bantuan Alsintan yang diterima petani Desa Merden antara lain 10 unit traktor roda dua (TR2), tiga unit traktor roda empat (TR4), lima unit rice transplanter, 50 unit handsprayer, lima unit corn sheller, 10 unit power trasher dan satu unit combine harvester besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here