Polbangtan Yogya – Magelang Siap jadi `Kawah Condrodimuko` Agropreneur Muda

0
133

Direktur Polbangtan Yogyakarta – Magelang, Ali Rachman siap melaksanakan instruksi Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan Kepala BPPSDMP Kementan, Momon Rusmono untuk mengembangkan ex STPP Magelang menjadi tempat penggemblengan bagi agropreneur muda sehingga esksistensi Polbangtan diakui oleh institusi pendidikan lain dan masyarakat, karena ciri khas dan keunggulannya sebagai branding pendidikan tinggi pertanian.

Polbangtan Yogya - Magelang Siap jadi `Kawah Chandradimuka` Agropreneur Muda

“Polbangtan di seluruh Indonesia, khususnya Polbangtan Yogyakarta – Magelang siap melaksanakan instruksi Mentan dan Kepala BPPSDMP Kementan, khususnya meningkatkan animo generasi muda untuk menempuh pendidikan di Polbangtan sesuai keinginan dan harapan setelah lulus dari kawah chandradimuka Polbangtan,” kata Ali Rachman kepada awak media di Bogor, Selasa pagi (18/9) usai peluncuran Polbangtan oleh Mentan Amran Sulaiman.

Ali Rachman mengakui pihaknya bersama lima pimpinan Polbangtan lain selama dua tahun terlibat aktif mendukung BPPSDMP Kementan mulai dari perekrutan dosen, menyekolahkan dosen dan tenaga kependidikan melalui tugas belajar dan ijin belajar serta pemagangan bagi dosen dan tenaga kependidikan pada pendidikan vokasi pertanian baik di dalam dan luar negeri.

“Menyiapkan dan melengkapi prasarana dan sarana pendidikan seperti rektorat, perpustakaan, asrama dan fasilitas praktikum khususnya teaching factory atau TeFa sebagai ciri khas pendidikan vokasi melalui kerjasama dengan dunia usaha dan industri,” kata Ali Rachman didampingi Kabag Administrasi Umum Polbangtan Yogya – Magelang, Irwan Johan Sumarno.

Dia pun menguraikan tentang prinsip dasar TeFa adalah mengintegrasikan pengalaman dunia kerja ke dalam kurikulum sekolah, yang merupakan perpaduan dari pembelajaran berbasis produksi dan pembelajaran kompetensi.

“Semua peralatan dan bahan serta pelaku pendidikan disusun dan dirancang untuk melakukan proses produksi dengan tujuan menghasilkan produk atau jasa,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here