Rembug Tani Solusi Percepatan LTT September 2018 Kabupaten Cilacap

0
118

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta – Magelang bersama Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Rabu (19/9/2018) melaksanakan Rembug Tani. Kegiatan ini dalam rangka persiapan Musim Tanam I untuk komoditas padi. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Sampang Kabupaten Magelang.

Rembug Tani dihadiri oleh Ketua Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap beserta jajarannya, Komandan Koramil Kecamatan Maos dan Sampang, Kapolsek Kecamatan Sampang, Koordinator Kelompok Pengelola Air Irigasi, Camat dan Segenap Kepala Desa Kecamatan Sampang, Kelompok Tani dan Gapoktan serta PPL Balai Penyuluhan Pertanian.

“Masyarakat petani Kecamatan Sampang siap mendukung program-program pemerintah. Terlebih ini untuk peningkatan kualitas hidup warga desa,” ucap Camat Kecamatan Sampang, Drs Achmad Nurlaeli, M.Si.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, SP MP mengatakan, rembug tani merupakan rangkaian kegiatan percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) yang dilaksanakan secara parsial di kecamatan-kecamatan melibatkan para petani langsung.

“LTT bukan sebagai beban namun menjadi kegiatan bersama yang tentu saja masyarakat tani yang akan merasakan efeknya dengan keberhasilan upaya khusus percepatan LTT padi jagung kedele. Dan sudah terbukti selama ini,” kata Supriyanto.

Berdasar pengalaman, harga gabah hasil panen cenderung tinggi pada Desember sampai Januari, maka dirembug dan disepakati petani siap mengawali musim tanam pertama  pada  september 2018 supaya bisa panen sesuai waktu.

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap didukung Kementerian Petanian melalui Direktur Polbangtan Yogyakarta dan Dirjen Hortikultura, senantiasa memerikan solusi atas kendala-kendala yang ada di tingkat petani.

Seperti pada  15 Juli sampai  15 September 2018 , dilakukan perbaikan saluran Daerah Irigasi Serayu dan pengaliran kembali telah dilakukan sesuai jadwal namun secara bertahap, sehingga mobilisasi pompa air diperlukan untuk mempercepat masuknya air irigasi ke lahan. Sehingga masyarakat petani di wilayah Daerah Irigasi Serayu,  bisa segera melakukan olah tanah dan persemaian.

Direktur Polbangtan Yogyakarta – Magelang, Ir. Ali Rachman, M.Si menandaskan, target LTT di Kabupaten Cilacap harus tercapai dan bersama kabupaten lain mendukung suksesnya Swasembada Pangan Nasional.

“Kendala yg mungkin ada dirembug untuk dicarikan solusnyai, sehingga petani bisa panen pada bulan Desember Januari, saat harga gabah tinggi dan tidak ada masa paceklik,” kata Ali.

Ditambahkan, dukungan TNI melalui Komandan koramil dan babinsa sangat dibutuhkan. Begitu juga dukungan  petugas bendung gerak serayu, melalui koordinator pengelola air dalam distribusi air irigasi. Masyarakat petani di Kecamatan Sampang, harus bersemangat dan siap menyongsong kesejahteraan yang lebih baik tentunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here