PENUMBUHAN USAHA PELAYANAN JASA ALAT DAN MESIN PERTANIAN (UPJA) KECAMATAN NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN

0
197

Kontributor : Ari Novianto

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Ngemplak, Sleman, DIY dan UPJA Taju Jawa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY menyelenggarakan kegiatan Penumbuhan UPJA dan Pelatihan Penumbuhan Regenarasi Petani Daerah Istimewa Yogyakarta di BPP Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman, DIY mulai Selasa (25/9) sampai Kamis (27/9)

Dalam pembukaan kegiatan di BPP Kecamatan Ngemplak, Joko selaku perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sleman berharap dengan adanya pelatihan ini, petani lebih mahir dalam penggunaan Alsintan terutama bantuan pemerintah. “Dengan adanya pelatihan ini, nantinya petani mampu mengoptimalkan Alsintan bantuan pemerintah dengan lebih mahir dan terorganisasi sehingga berdampak pada percepatan tanam, peningkatan produksi, serta kesejahteraan petani dapat meningkat”, tegas Joko.
Materi kegiatan pelatihan yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kedepan meliputi Manajemen UPJA, Pembibitan Padi dengan Sistem Tray/Dapog, Pengenalan dan Praktik Penggunaan Alat Penanam Padi Rice Transplanter, Kebijakan Pengelolaan UPJA Kabupaten Sleman, serta Kebijakan Pemerintah dan Dukungan Penyuluhan dalam Penumbuhan UPJA.
“Kegiatan pelatihan ini harapannya dapat menumbuhkan pemikiran ‘aku harus bagaimana ?’ sehingga nantinya dapat tumbuh pioneer-pioneer praktisi UPJA di Kecamatan Ngemplak dan mekanisasi pertanian di Kecamatan Ngemplak makin digalakkan”, ujar Didik Direktur UPJA Taju Jawa. Koeswini selaku perwakilan dari Polbangtan Yogyakarta-Magelang melanjutkan bahwa out put yang diharapkan dari kegiatab ini adalah UPJA yang konsisten dalam pelayanan dan berkomitmen untuk menjadi UPJA yang lebih mantap. “Out put pelatihan diharapkan kepada UPJA yang sudah tumbuh di Kecamatan Ngemplak agar lebih dioptimalkan.Untuk itu nanti ada beberapa UPJA yang menandatangi atau komitmen untuk menjadi UPJA lebih mantap” pungkas Koeswini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here