Songsong Polbangtan D3, SMK PPN Sembawa Studi Banding ke Yogyakarta

0
138

Sedikitnya 30 pegawai dari Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa disingkat SMK-PPN Sembawa di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan mengikuti studi banding ke Politeknik Pembangunan Pertanian – Polbangtan Yogyakarta Magelang menyongsong transformasi SMK-PPN Sembawa menjadi Polbangtan Diploma Tiga (D3) pada 2019.

Songsong Polbangtan D3, SMK PPN Sembawa Studi Banding ke Yogyakarta

Kegiatan studi banding dipimpin oleh Kepala Subbag Tata Usaha, Tri Wuryanto mewakili Kepala Sekolah SMK-PPN Sembawa, Mattobi´i MP dan diterima oleh Wakil Direktur Polbangtan Yogyakarta – Magelang, Radjiman mewakili Direktur Ali Rachman, yang didampingi Kabag Administrasi Umum, Irwan Johan Sumarno di Yogyakarta, Rabu (26/9).

Irwan JS mengatakan tujuan studi banding ke Yogyakarta bertujuan mengetahui pengembangan infrastruktur untuk SMK-PPN Sembawa sesuai standar Polbangtan, laboratorium dan fasilitas untuk Teaching Factory (TeFa), dan rektorat untuk mendukung kegiatan pendidikan dan pengajaran oleh para tenaga kependidikan yang profesional.

“Hal itu sesuai instruksi Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan Kepala Badan SDM Kementan Momon Rusmono tentang peran strategis pendidikan tinggi vokasi untuk mendidik lulusan sekolah menengah atas menjadi tenaga terampil, profesional dan berkompetensi di sektor pertanian,” kata Irwan JS melalui pernyataan tertulis.

Sebagaimana diketahui, pola pembelajaran di Polbangtan berbeda dengan Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) maupun SMK-PPN, pendekatan Polbangtan adalah pembelajaran dilakukan secara simultan antara teori dan praktik melalui pendalaman materi praktikum di TeFa.

Sementara Kepala Sekolah Mattobi´i MP mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan transformasi SMK-PPN Sembawa menjadi Polbangtan D3 pada 2019, dengan menyiapkan sedikitnya 18 dosen S2 linier, sebagai syarat minimal jumlah dosen untuk Polbangtan D3 Sembawa.

“Saat ini baru ada 13 dosen S2 linier di Sembawa, dan tujuh guru tengah mengikuti kuliah strata dua atau S2 yang dibiayai oleh Pusdiktan Kementan. Total guru PNS di Sembawa ada 26 orang saat ini,” kata Mattobi´i yang dihubungi via telepon seluler, Kamis malam (27/9).

Sementara kunjungan studi banding 30 pegawainya ke Yogyakarta, menurut Mattobi´i, untuk mengetahui tugas dan fungsi rektorat mendukung kegiatan perkuliahan Polbangtan D3.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here