Polbangtan Dampingi KWT ‘Guyub Karangbendo’ Banguntapan Optimalkan lahan

0
94

Salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Politeknik Pembangunan Pertanian ( Polbangtan) Kementan adalah melakukan pengabdian pada masyarakat. Kali ini Polbangtan Yogyakarta Magelang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, pada Kelompok Wanita Tani (KWT) ‘Guyub Karangbendo’ di dusun Karangbendo, Banguntapan, Bantul. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pendampingan yang sudah rutin dilakukan.

Kegiatan yang mulai dari pelatihan singkat budidaya tanaman sayuran, mulai dari cara pembibitan, pemeliharaan tanaman, pemupukan, sampai pada cara memanen. Kegiatan pendampingan yang dilakukan setiap Minggu ini melibatkan beberapa mahasiswa semester 3 dan semester 5.

Ketua PKK Pedukuhan Karangbendo Profesor Mae Hartati dan Kadus Karangbendo Siti Sujarah SE  menyebut langkah ini merupakan kegiatan KWT yang diawali dari kegiatan PKK RT 05. Melalui kegiatan ini para ibu di wilayah Karangbendo khususnya RT 05, bisa memanfaatkan lahan yang ada sebagai sumber tambahan pendapatan. Selain itu, ilmu yang didapat bisa mengoptimalkan lahan supaya lebih bermanfaat.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan ajang penerapan praktek dilapangan bagi mahasiswa, agar lebih tahu dan semakin dekat dengan masyarakat. Para mahasiswa bisa ikut membantu memberikan solusi bagi masyarakat,” jelas Korlap Polbangtan Sukadi SST MP.

Program dengan KWT ini antara lain, pengolahan lahan tidur dengan menggunakan alat mesin pertanian milik Polbangtan, dengan operator para mahasiswa polbangtan. Program pemanfaatan lahan 2000 meter yang merupakan tanah kas desa, ditanami pepaya dan sayuran. Tak hanya itu, kegiatan ini juga menggalakkan program Kementan, yaitu Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dengan mengoptimalkan lahan pekarangan masyarakat dan pemanfaatan lahan sekitar jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here