Polbangtan Latih 102 PPL Kembangkan Keahlian Operasikan Alsintan

0
56

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang, pada Oktober 2018 memberikan pelatihan operasional dan perawatan alat mesin pertanian (alsintan) bagi petugas THL (Tenaga Harian Lepas) dan PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Kabupaten Magelang sebanyak 102 orang. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok hari, pada  12, 19, 22 dan 29 Oktober 2018 di kampus Jalan Kusumanegara Yogyakarta.

“Polbangtan Yogyakarta Magelang berperan aktif dalam pengabdian kepada masyarakat salah satunya dengan menerima dan melayani berbagai bentuk pelatihan tematik, bekerja sama dengan instansi terkait dan masyarakat,” ungkap Ir Rika Nalinda MP, Sekretaris Jurusan Pertanian.

Peserta pelatihan diharapkan mengikuti dengan seksama penjelasan-penjelasan dari instruktur, dan melakukan praktik secara langsung menggunakan alsintan yang telah disiapkan.Pelatihan juga melibatkan mahsiswa, karena sebagai sekolah vokasi tentunya pengajar dan mahasiswa mempunyai kemampuan praktik yang mumpuni.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya yaitu pembinaan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dan Desa Mitra, serta pelatihan pengenalan mekanisasi dan agribisnis Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) yang dilaksanakan di kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang,” jelas Ir Petrus Muhardi, Kepala Seksi Pengembangan SDM Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang.

Narasumber dihadirkan dari Polbangtan Yogyakarta Magelang yaitu Budi Wijayanto STP MSc dan Kodrad Winarno STP MAgricom. “Sehingga untuk saat ini lebih diutamakan praktik operasional dan maintenance alsintan dan diharapkan masing-masing peserta dapat melakukan praktik perorangan menggunakan alsintan yang tersedia untuk mendukung proses penyuluhan di masyarakat petani,” kata Petrus Muhardi.

Budi Wijayanto STP MSc selaku narasumber pelatihan dan petugas penanggungjawab Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan untuk kabupatan magelang menyatakan, sejumlah Alsintan bantuan pemerintah di Kabupaten Magelang sudah dimanfaatkan secara optimal, namun tetap diperlukan kegiatan-kegiatan pelatihan karena perkembangan Alat dan Mesin Pertanian semakin dinamis, memenuhi kebutuhan di lahan pertanian. Pelatihan alsintan akan memberikan efek positip untuk pemanfaatan alsintan dan pemberdayaan masyarakat petani melalui  21 BPP yang ada di Kabupaten Magelang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here