Evaluasi Pendampingan Mahasiswa Polbangtan di Kapuas Hulu Kalimantan Barat

0
73

Dalam rangka pencapaian target peningkatan produksi 7 komoditas strategis serta membantu tugas penyuluhan dan pemberdayaan pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM pertanian Kementerian Pertanian melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) mencanangkan program pemberdayaan mahasiswa. Pada 2018 ini kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan diperbatasan Kalimantan Barat.

Kegiatan pendampingan ini perlu dievaluasi (diukur ketercapaian tujuan). Oleh karena itu Polbangtan Yogyakarta Magelang dengan Polbangtan Bogor pada 23 oktober 2018 melaksanakan evaluasi kegiatan untuk perbaikan tahun 2019. Adapun tujuan evaluasi ini selain mengetahui permasalahan, juga sinkronisasi program serta perbaikan program perbatasan tahun 2019.

Peserta evaluasi selain dari Polbangtan juga dihadiri instansi terkait sejumlah 70 orang antara lain Kadinas Pertanian Provinsi Kalbar, Kadistan Kabupaten Kapuas Hulu, 6 Kepala Kecamatan Kabupaten Kapuas hHulu, mantri tani, penyuluh dan dosen Polbangtan Yogyakarta Magelang dan Bogor. Untuk evaluasi pendampingan dengan narasumber  R Hermawan SP MP, Ketua jurusan Pertanian Polbangtan Yogyakarta Magelang dan Dr Nasrudin Wasrob, MS Ka UPPM Polbangtan Bogor.

Arah pembangunan Kapuas Hulu dijabarkan oleh Bupati Kapuas Hulu yang disampaikan oleh Kadistan kab kapuas hulu. Hal lain yang dibahas adalah Kebijakan pembangunan pertanian di Provinsi Kalbar Kalbar.

Evaluasi kegiatan pengabdian di Kabupaten Kapuas Hulu oleh Sekdistan Kapuas Hulu. Juga rencana pembangunan kec Badau oleh Camat Badau. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah, perlu dibuat perencanaan berkesinambungan, MOU dan perjanjian kerjasama serta sinkronisasi program dengan instansi terkait.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here