Kadin Dukung Polbangtan, 13.111 Lulusan SLTA Ikuti Ujian Masuk

0
83

Transformasi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) menarik minat 13.111 lulusan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dari seluruh Indonesia, ketimbang peminat STPP pada 2017 hanya 980 orang, atau meningkat 1200%. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyatakan siap mendukung, dengan kurikulum tambahan berbasis kebutuhan dunia industri.

Hal itu dikemukakan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman kepada Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Rosan P Roeslani terkait komitmen Kementerian Pertanian RI mendukung pengembangan SDM pertanian Indonesia melalui transformasi STPP menjadi Polbangtan, untuk mendidik dan melatih job creator dan wirausahawan muda agribisnis, sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Kami sudah laporkan pada Presiden tentang hasil transformasi STPP ke Polbangtan. Harus diakui, STPP kurang diminati lulusan SLTA, tes masuk tahun lalu hanya diikuti 980 orang. Alhamdulillah, pendaftar tes masuk Polbangtan sampai 13.111 orang. Naik 1200 persen dari peminat STPP 2017,” kata Mentan Amran Sulaiman kepada pers di Jakarta, Jumat petang (23/11).

Menurutnya, pengembangan pendidikan vokasi memang menjadi fokus Presiden Jokowi untuk meningkatkan daya saing bangsa, khususnya SDM pertanian yang inovatif mengacu pada kebutuhan industri global.

Rosan PR menyatakan dukungan Kadin pada Polbangtan sebagai unit pelaksana teknis (UPT) dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, dengan menambahkan kurikulum berbasis kebutuhan dunia industri.

“Dukungan Kadin diharapkan dapat menciptakan para wirausahawan agribisnis, sehingga lulusan Polbangtan dapat membuka lapangan kerja, bukan mencari kerja lagi,” kata Ketua Umum Kadin.

Momon Rusmono menambahkan Polbangtan menerapkan konsep pembelajaran yang lebih menekankan praktik kerja melalui teaching factory dan teaching farm berbanding 70% dan 30%.

Menurutnya, BPPSDMP Kementan menjalin kerjasama dengan 29 perguruan tinggi untuk program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) dan beberapa perusahaan swasta yang bergerak di sektor pertanian di bawah koordinasi Kadin.

Kelembagaan Polbangtan tertuang pada Permentan No 25/2018 tentang Organisasi Tata Kerja Polbangtan yang berlaku untuk tujuh Polbangtan: Medan, Bogor, Yogyakarta – Magelang, Malang, Gowa Makassar, dan Manokwari dan satu lagi akan diluncurkan Kementan dalam waktu dekat.

“Ketujuh Polbangtan didukung pengajar profesional berkompetensi berbekal sertifikat pelatihan peningkatan keterampilan dasar teknik instruksional dan applied approach,” kata Momon Rusmono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here