Kebumen Serentak Olah Tanah dan Sebar Benih Saat musim tanam I

    0
    39

    Memasuki musim tanam pertama (MT I), 26 kecamatan di seluruh Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah serentak olah tanah dan sebar benih, seperti halnya percepatan tanam di Desa Tanjungmeru, Kecamatan Kutowinangun pada kegiatan Farmers Field Day, Jumat dengan menanam padi varietas Mekongga di lahan seluas 500 hektar.

    Tanam perdana di Tanjungmeru dilakukan dengan rice transplanter, dihadiri oleh Penanggung Jawab  Upaya Khusus (PJ Upsus) Polbangtan Yogyakarta – Magelang, Rajiman MM; Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Kebumen, Pudjrahayu; Camat Kutowinangun, Agus Susanto; perwakilan dari Koramil, kelompok tani dan Gapoktan dari seluruh kecamatan.

    Ali Rachman mewakili Direktur Polbangtan YoMa, Rajiman mengatakan bahwa penggunaan rice transplanter akan mempercepat penanaman padi hingga 10 kali lipat ketimbang tanam manual.

    “Rice transplanter mempercepat waktu tanam 10 kali lipat daripada tanam manual,” kata Ali Rachman, dosen Polbangtan YoMa ini.

    Hal senada dikemukakan Kadistan Kebumen  Pudjirahaju yang menyatakan dukungan pada percepatan olah lahan dan tanam melalui pendistribusian alat mesin pertanian (Alsintan) seperti traktor dan rice transplanter.

    “Rice transplanter ini mampu mempercepat tanam khususnya di lokasi yang kekurangan regu tanam. Operator sudah kami ikutkan pelatihan di Klaten sehingga mereka siap terjun ke lapangan,” katanya.

    Para petani yang hadir pada acara tersebut nampak antusias mempraktekan tanam menggunakan mesin rice transplanter, memakai sistem tanam jajar legowo dua berbanding satu.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here