Agro Edukasi Angkat Potensi Lokal

0
19

Kaki Gunung Merapi merupakan satu sudut istimewa Yogyakarta yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Salah satu spot terbaik  menikmati gagahnya Gunung Merapi adalah di Warung Kopi Merapi.

Dengan mengangkat nuansa kearifan lokal, warung ini menyediakan kopi arabika dan robusta yang ditanam langsung di tanah vulkanik bekas letusan Gunung Merapi 2010 silam. Dalam waktu dekat, pemilik Warung Kopi Merapi akan segera membuka Agro Edukasi Kopi Merapi dengan nama “Kali Petung” yang berlokasi tak jauh dari Warung Kopi Merapi.

Agro edukasi ini kelaknya akan memberikan materi edukasi berupa budidaya kopi dari petani langsung hingga cara penyajiannya.
Melihat potensi media pembelajaran mahasiswa yang sangat baik disini, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang (Polbangtan Yo-Ma) menjalin kerjasama dengan Warung Kopi Merapi.

Mahasiswa Polbangtan Yo-Ma bisa ikut mengembangkan agro edukasi yang baru dirintis dengan beberapa branding seperti branding promosi, menu, dekorasi, dan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, kemitraan akan berlanjut dengan salah satu prodi Polbangtan yaitu Agribisnis Hortikultura dan Biofarmaka dalam pemasaran produk jamu yang dihasilkan mahasiswa, sehingga akan ada perpaduan antara kopi dan produk jejamuan.

“Bentuk kerjasama ini akan dikembangkan dengan TEFA prodi Agribisnis Hortikultura dan Biofarmaka dalam pemasaran produk jamu,” ujar Koordinator kemahasiswaan sekaligus pembina kewirausahaan Polbangtan Yo-Ma,R. Hermawan, SP., MP, Senin (28/1/2019).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here