Polbangtan Yoma MoU dengan Perusahaan Benih PT Wira Agro Nusa Sejahtera

0
238

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma) Jurusan Pertanian terus mengembangkan jejaring kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri. Melalui Program Studi Teknologi Benih, pada Senin (21/01/2019) telah terjalin kerjasama yang diwujudkan dalam MoU dengan perusahaan perbenihan PT Wira Agro Nusa Sejahtera yang berlokasi di Pare Kediri Jawa Timur (Jatim).

Lingkup kerjasama antara lain pengembanga SDM, pemanfaatan sarana dan prasarana, penyediaan dukungan teknologi perbenihan serta pengembangan agribisnis hortikultura. Kesepakatan kerjasama merupakan hasil komunikasi dan kunjungan Polbangtan YOMA oleh Wakil Direktur 1, Dr Ananti Yekti SP MP dan Budi Wijayanto STP MSc dengan Direktur PT Wira Agro Nusa Sejahtera, Ir Subandi.

Ananti Yekti menyatakan Prodi Teknologi Benih perlu berinteraksi dengan indusri perbenihan lokal, nasional maupun multinasional yaitu sebagai tempat magang industri, penyelenggaraan pendidikan model Teaching Factory dan jejaring pemasaran benih. Menghadirkan wirausahawan dan praktisi sebagai narasumber maupun dosen industri di kampus.

Ir Subandi menyampaikan mahasiswa perlu diberitahu perbenihan sebagai bagian dari pertanian memiliki peluang kerja yang bagus karena nantinya bisa menjadi wirausahawan atau karyawan di perusahaan-perusahaan perbenihan. Selain pengembangan keilmuan dan teknologi perbenihan, mahasiswa perlu juga dididik dan dibangun mental disiplin dan kejujuran.

PT Wira Agro Nusa Sejahtera sangat antusias ketika dihubungi Polbangtan Yoma terkait kerjasama. Banyak ide yang bisa dikerjasamakan bersama mahasiswa sebagai generasi muda pertanian. Perusahaan tersebut juga siap mendampingi mahasiswa sampai bisa memproduksi benih bersertifikat dan memasarkan dengan brand Benih Polbangtan Yoma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here