Polbangtan YOMA dapat kunjungan PISAgro

0
155

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YOMA) belum lama ini menerima kunjungan dari Partnership for Indonesia’s Sustainable Agriculture (PISAgro). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian. Tujuannya untuk meningkatkan jejaring kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), sebagai mitra Polbangtan dalam menerapkan pembelajaran model Teaching Factory (TEFA).

]PISAgro adalah sebuah forum untuk menghubungkan antara industri-industri atau pengusaha dengan para pelaku pertanian. Seperti petani secara langsung yang berprinsip untuk menyediakan rantai pasok pertanian dari hulu sampai hilir.

Organisasi ini resmi berdiri pada 20 April 2012. Visi dari PISAgro yakni meningkatkan produktivitas pertanian Indonesia sebesar 20%, meningkatkan pendapatan petani sebesar 20% dan menurunkan emisi gas (CO2) rumah kaca sebanyak 20% dalam setiap dekade.

Hadir dalam kunjungan tersebut adalah Executive Director PISAgro, Zul Martini Indrawati beserta dua perusahan yaitu Cargill dan Unilever, didampingi dari perwakilan Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian.

Sementara dari pihak Polbangtan Yogyakarta Magelang, mewakili Direktur adalah Wakil Direktur I, Kepala Unit Teaching Factory dan Tim Kerjasama Polbangtan YOMA. Pertemuan dilaksanakan di Polbangtan YOMA Kampus Yogyakarta.

Selama 2 hari , PISAgro berkesempatan berinteraksi dengan Ketua Jurusan Pertanian dan perwakilan dari Jurusan Peternakan serta beberapa civitas akademika yang lain. PISAgro berkesempatan menggunjungi dua TEFA yang saat ini dikembangkan oleh Polbangtan YOMA yaitu di TEFA Sempu dan TEFA Karangsari dimana dua tempat tersebut dikembangkan untuk memproduksi simplisia biofarmaka dan perbenihan hortikultura.

Selain itu, Tim PISAgro dan Tim Polbangtan YOMA berkesempatan mengunjungi ke Koperasi Binaan Unilever yaitu Mekar Mas yang berlokasi di Lendah Kulon Progo. Dalam kunjungan tersebut, Executive Director PISAgro menyampaikan apresiasinya kepada Polbangtan YOMA yang telah mempersiapkan potensi kerjasama yang mungkin dapat dijalin dengan PISAgro.

“Kami berharap bahwa dengan kunjungan ini akan ada identifikasi potensi kerjasama yang nantinya dapat ditindaklanjuti kedua belah pihak”, ungkap Martini.

Wakil Direktur I, Dr Ananti Yekti SP MP dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini Polbangtan YOMA sedang mengembangkan TEFA yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan. “TEFA Polbangtan YOMA saat ini sudah menggandeng lebih dari 30 kerjasama dengan DUDI, diharapkan dari kerjasama tersebut akan bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai dengan bidang keahliannya” kata Ananti Yekti.

Ditambahkan dengan adanya kunjungan dari PISAgro ini, diharapkan  ada kerjasama baru yang berpotensi dalam mengembangkan TEFA, sebagai sarana untuk mendidik mahasiswa dengan kompetensi sesuai dengan permintaan industri.

Kepala TEFA Jurusan Pertanian  menyampaikan bahwa kunjungan PISAgro adalah moment yang baik untuk mengembangkan TEFA Polbangtan YOMA. “Kami berharap dengan PISAgro mengunjungi fasilitas TEFA kami, akan ada masukan terhadap apa yang sedang kami kembangkan disini sehingga kami akan berkembang lebih baik lagi, khususnya dari kaca mata industri”, ungkap Kodrad Winarno, STP M AgriCom selaku Kepala TEFA Jurusan Pertanian.

Sementara itu, Tim Kerjasama Polbangtan YOMA yang diwakili oleh R Hermawan SP MP menyampaikan adanya PISAgro beserta industri yang bergabung didalamnya akan ada potensi mengembangkan jejeraing pemasaran.

“Kami saat ini sedang mengembangkan model kewirausahaan yang dilakukan oleh mahasiswa, sehingga potensi kerjasama yang mungkin dilakukan dengan PISAgro adalah mengenai jaringan pemasaran,” ungkap R Hermawan yang juga selaku Koordinator Bidang Kemahasiswaan Polbangtan YOMA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here