Panen Perdana Rosella, Mahasiswa Polbangtan Yoma Tuai Hasil Praktikum TeFa

0
79

Sejumlah mahasiswa semester dua jurusan Agribisnis Hortikultura di Polbangtan YoMa antusias melakukan panen perdana Rosella [hibiscus sabdariffa L] diikuti sortir dan pengepakan awal, Kamis [23/5] di lahan praktik TeFa Kebun Sempu, Werdomertani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Rosella diketahui berkhasiat untuk obat dengan harga jual tinggi, salah satu komoditas tanaman yang dipilih oleh Lektor Kepala jurusan pertanian Polbangtan YoMa untuk mengembangkan minat dan kemampuan lulusannya kelak sebagai job creator dan job seeker di sektor pangan.

“Praktik dengan metode Teaching Factory disingkat TeFa dilakukan melalui mata kuliah budidaya tanaman organik, mahasiswa berhasil memanen 45 kg kering panen per 100 meter persegi,” kata Galuh, dosen mata kuliah Budidaya Tanaman Organik.

Menurutnya, Rosella organik dipilih karena peluang komoditas tanaman berkhasiat diminati pasar dengan harga relatif tinggi, sehingga mahasiswa sejak tahun pertama kuliah vokasi pertanian di Polbangtan YoMa untuk mengasah pengetahuan dan kemampuan sebagai job creator dan job seeker kelak setelah lulus.

Polbangtan YoMa sebagai unit pelaksana teknis [UPT] dari Pusat Pendidikan Pertanian [Pusdiktan BPPSDMP Kementan] mendorong mahasiswa belajar dan praktik langsung bagaimana cara budidaya tanaman seperti Rosella, mulai dari pemilihan lahan, pembibitan hingga panen dan pascapanen dengan sistem organik.

“Melalui bercocok tanam organik, mahasiswa Polbangtan YoMa turut aktif menjaga lingkungan dan memenuhi kebutuhan pangan sehat. Ke depan, pertanian organik akan lebih digalakkan untuk kepentingan lingkungan dan kesehatan konsumen,” kata Galuh.

Polbangtan YoMa ke depan, akan mendorong pengembangan tanaman organik agar harganya lebih terjangkau semua kalangan, lantaran kebutuhan pasar dapat dipenuhi oleh petani “sementara saat ini masih tinggi karena jumlah produksi di bawah kebutuhan konsumen, sesuai hukum ekonomi.” [NR]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here