Belajar Pertanian Modern Sejak Dini, Blue Dolphin PlaySkool Kunjungi Polbangtan YOMA

0
40

Para siswa dari Blue Dolphin PlaySkool Yogyakarta, Jumat (28/6/2019) mengunjungi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang, Jurusan Pertanian di kampus Jalan Kusumanegara No. 2 Yogyakarta.

Kunjungan ini, merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh Blue Dolphin PlaySkool. Menurut Miss Lia (panggilan akrab siswa kepada salah satu pengajar di PlaySkool ), bahwa kegiatan outing class, merupakan program pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pengalaman, dan ketrampilan serta sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa.

“Kami senang sekali bisa mengunjungi Polbangtan YOMA, dan mengajak siswa kami untuk belajar lebih dekat mengenal pertanian dan lingkungan sekitar, sehingga para siswa akan dengan mudah dan menyenangkan belajar mengenai pertanian,” ungkap Miss Lia.

Selama mengunjungi Polbangtan YOMA, 40 siswa ini, dikenalkan dengan budaya bertani dengan menggunakan peralatan modern mulai dari mengenal jenis-jenis alat dan mesin (alsintan), teknologi hidroponik dan biogas. Pengenalan pertanian modern secara umum tersebut, tentunya dikemas dengan metode yang cukup menarik seperti mulai dari melihat video kartun mengenai animasi alsintan, mengendarai traktor roda empat, dan traktor roda dua. Memberi makan sapi dan praktek menanam cabai dalam polybag, dan terakhir mewarnai gambar alsintan, serta minum susu bersama.

Kegiatan pengenalan pertanian secara dini ini, merupakan bagian dari pengabdian masyarakat, yang dikelola  oleh Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM), Polbangtan YOMA.

Menurut Kepala UPPM Dr. Ir. Adi Prayoga, MP, kegiatan pengenalan pertanian sejak dini seperti ini, diselenggarakan UPPM setiap tahun.

“Kegiatan ini untuk  mengenalkan pertanian modern dan teknologi yang terkait di dalamnya. Sehingga kami berharap, kegiatan pengabdian kepada masyarakat tidak hanya dilakukan di lapangan atau di lokasi masyarakat, tetapi juga mereka dapat berkunjung ke Polbangtan YOMA untuk mengenal lebih dekat kegiatan yang kami lakukan,” ungkap Adi Prayoga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here