Tugas Petani Milenial itu Ekspor, Ekspor, Ekspor

0
78

Prof. Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menyatakan hal ini di depan ratusan Petani milenial Politeknik Pembangunan Petanian (Polbangtan) Yogyakarta-Magelang di kampus setempat, Selasa (27/08/2019).

Menurutnya, petani Milenial harus siap untuk bersing dengan negara-negara lain yang mempunyai komodias yang sama. Untuk memenangkan pesaingan Kunci nya adalah kita harus mampu bersaing. Insan pertanian kita harus mempunyai daya saing.

Pengungkit utama pertanian adalah SDM nya. Sebagai pemuda, kaum milenial harus siap mengguncangkan dunia dengan cara inovasi teknologi, kuasai teknologi pertanian.

“Teknologi sudah ada, inovasi teknologi sudah tersedia namun kalau prduktivitas masih rendah masalahnya itu di manusianya. SDM nya harus mampu mentransfer teknologi ke para pelaku pertanian, sehingga petani tau inovasi teknologi pertanian,” tandasnya.

Dicontohkannya, sekarang ada produksi jagung yang mencapai 20 ton/ha dan padi 14 ton/ha. Ada Traktor yang dalam waktu bersamaan memanen dan mengolah lahan. Ada traktor yang otomatis bisa dikendalikan dengan remote ataupun lewat internet tanpa pengemudi.

“Semua itu hasil anak negeri jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa,” ujarnya
Untuk itu, generasi milenial dari sekarang harus persiapkan diri. Yakni dengan menimba ilmu seluas-luasnya di kampus ini ataupun di luar.

Belajar bisa dimanapun baik di sawah, di kebun ditempat-tempat praktisi pertanian di dunia industri. SDM yang handal, sdm yang hebat, professional dan berjiwa wirausaha tinggi akan mampu menghasilkan produk pangan berdaya saing tinggi yang tentunya akan menghasilkan ekspor Indonesia yang semakin tinggi.

Sebab bangsa ini harus siap menghidupi dunia. Menyediakan pangan bagi negara-negara lain. Indonesia lumbung pangan dunia menjadi keniscayaan dengan SDM Petani milenial yang handal, professional, berdaya saing dan berjiwa entreprenership yang tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here