Brimob Polda DIY Dukung Pendidikan Kedisiplinan Polbangtan YoMa

0
80

Kegiatan ‘pembinaan karakter dan mental’ 175 Sekitar 175 calon mahasiswa Polbangtan YoMa TA 2019/2020 melalui kegiatan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa [Mabidama] didukung oleh Kepolisian RI [Polri] khususnya Brimob Polda DIY pada Kamis [5/9] mengulas topik tentang ‘tata upacara sipil dan ketarunaan’ untuk mendukung pembentukan kepribadian mahasiswa yang kuat dan berkarakter sebagai job creator dan job seeker menyongsong komitmen Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045.

“Tujuan Mabidama 2019, untuk menanamkan jiwa nasionalisme melalui program pembinaan karakter khususnya bela negara, memperkenalkan pada mahasiswa tentang profil Polbangtan YoMa, menanamkan rasa kecintaan dan kebanggaan terhadap almamater, menanamkan kedisiplinan, mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan, bukan menjadi mahasiswa yang sekadar bercita-cita menjadi PNS,” kata Wakil Direktur I Polbangtan YoMa, Dr Ananti Yekti dalam arahannya, Kamis [5/9], sebelum kegiatan pelatihan oleh instruktur dari Brimob Polda DIY.

Wadir I mengingatkan bahwa pembangunan sumber daya manusia unggul adalah kebijakan Presiden RI Joko Widodo dalam lima tahun ke depan. Polbangtan YoMa sebagai unit pelaksana teknis dari BPPSDMP Kementan, tupoksi-nya adalah menciptakan SDM unggul yang akan berpartisipasi aktif mendukung penyediaan pangan rakyat.

“Kegiatan yang didukung Brimob Polda Metro Jaya merupakan pendidikan dasar untuk melangkah ke jenjang pendidikan berikutnya. Harapan saya dengan adanya kegiatan Mabidama 2019 menjadi bekal bagi calon mahasiswa dan mahasiswi tentang arti kebersamaan menumbuhkan sikap korsa, solid dan menjadikan kebersamaan ini sebagai wujud pengabdian mahasiswa kepada negara kelak setelah lulus dari Polbangtan YoMa,” kata Dr Ananti Yekti.

Ketua Panitia Mabidama 2019, Joni Kurniawan mengatakan bahwa kegiatan Mabidama 2019 wajib diikuti oleh seluruh calon mahasiswa, karena merupakan salah satu syarat untuk mengikuti perkuliahan dan sinkron dengan kurikulum di Polbangtan YoMa.

Sebelumnya diberitakan Sekitar 175 calon mahasiswa Polbangtan YoMa TA 2019/2020 mengikuti ´pembinaan karakter dan mental´ sebagai intrakurikuler kampus melalui kegiatan Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa [Mabidama] setelah dibuka oleh Direktur Dr Rajiman, dengan pemukulan gong pada apel akbar di lapangan tengah kampus jurusan pertanian Yogyakarta, Senin pagi [2/9] yang dihadiri seluruh civitas academica.

“Kegiatan Mabidama merupakan tonggak awal untuk membentuk kepercayaan diri mahasiswa menempuh pendidikan di sektor pertanian pada era milenial di Polbangtan,” kata Dr Rajiman.

Menurutnya, mahasiswa harus belajar sungguh-sungguh. Siap tempur dalam persaingan pertanian global ke depan, yang mengandalkan mekanisasi pertanian dan digitalisasi di era 4.0. Jadilah inovator pertanian modern. [Asnuri]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here