Plagiarisme Disengaja Atau Tidak Disengaja Tetap Pelanggaran

0
24

Perpustakaan Polbangtan YoMa Kampus Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi  Anti Plagiarisme untuk Dosen , Tenaga Penunjang Akademik , Pustakawan, dan Mahasiswa Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi adalah untuk menambah wawasan pemahaman dan pengertian  Anti Plagiarisme. Kegiatan ini berlangsung dua kali yaitu  Jum’at, 13 September 2019 dengan menghadirkan narasumber  Prof. Drs. Ida Fajar Priyanto, PhD. dengan materi bertema  Plagiarisme di Era Normal Baru  dan Dr. Purwani Istiana, SIP.MA. dengan materi bertema  Plagiarisme dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah berlangsung di Ruang Seminar Polbangtan Yoma.

Kegiatan diikuti oleh para peserta dengan cukup antusias, terbukti banyak pertanyaan dalam sesi tanya jawab, Plagiat adalah perbuatan sengaja maupun tidak sengaja mengutip sebagian atau seluruh karya ilmiah pihak lain yang diakui sebagai karya ilmiahnya , tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai, kata Prof Ida. memfoto copy buku materi pembelajaran utk dibagikan ke mahasiswa boleh , asal sesuai tata aturan hukumnya sambung narasumber.

Untuk Kegiatan kedua dilaksanakan pada Sabtu, 28 September 2019 dengan menghadirkan narasumber dan Ir. Anon Mirmani, SS.,MIM dengan materi Penggunaan Sumber Daya Perpustakaan dan Dr.Fuad Gani SS. MA dengan materi bertema Hak Cipta dan Plagiarisme dalam Peningkatan Kualitas Riset berlangsung di Gedung Serbaguna Polbangtan Yoma.

Penelitian Ilmiah lebih mudah dikerjakan  terlebih jika sudah ada kajian sebelumnya dibandingkan dengan yang non ilmiah  harus berinovasi utk menarik simpati publik, kata Anon.

Plagiarisme, menggunakan hasil karya atau  tulisan orang lain untuk dipakai pada  hasil karya  tulisan sendiri guna mencapai tujuan atau kepentingan pribadi, kata Fuad Gani plagiarisme disengaja atau tidak disengaja tetap pelanggaran sambung Fuad.

Dalam kesempatan ini Subakri selaku Kepala Perpustakaan berharap agar setelah mengikuti kegiatan ini para peserta dapat menghargai hasil karya ilmiah orang lain dan terbebas dari plagiarisme dalam penulisan tugas akhir maupun karya ilmiah. (Pjs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here