Pemuda Pemudi Tani Milenial Girimulyo Olah Cabai Menjadi Abon

0
89

Kali ini 20 orang peserta terdiri dari ibu-ibu muda, remaja putri  dan putra yang berasal dari Kelompok Tani Milenial Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta melakukan kegiatan pelatihan penumbuhan dan penguatan kelompok tani petani muda milenial.

Kegiatan berlangsung selama dua hari tanggal 30 September dan 2 Oktober 2019 di BPP Girimulyo, dibuka oleh Ir. B. Budi Setiawati, MP. mewakili  koordinator kegiatan pengabdian masyarakat wilayah Kabupaten Kulon Progo. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain Materi Kelembagaan, Kemitraan, Dinamika Kelompok, Budidaya Tanaman Cabai dengan narasumber dari para penyuluh BPP Girimulyo dengan koordinator Mustakim, S.ST dan materi pengolahan cabai oleh ibu Titin praktisi dari Temon Kulon Progo.  Serta materi Kebijakan Pengembangan SDM Pertanian oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA.

Pada saat melimpahnya produksi cabai pada saat panen,  harga pembelian cabai di tingkat petani justru turun sehingga petani mengalami kerugian. Untuk meningkatkan nilai tambah dan harga yang wajar di tingkat petani, pada saat harga turun perlu diadakan praktek olahan pangan yang berasal dari bahan tersebut menjadi produk yang mempunyai nilai tinggi. Abon cabai dibuat dari bahan cabai segar pilihan dengan bumbu bawang merah, bawang putih, merica, penyedap kaldu blok, garam dan gula pasir. Kegiatan ini diikuti oleh para peserta dengan penuh semangat.

Salah satu peserta, M. Arifin, 30 tahun dari Poktan Rukun Makmur dusun Sebalak, Pendoworejo berharap agar setelah kegiatan ini ada pendampingan sampai bisa mandiri, didukung produk yang dihasilkan bisa dipasarkan sehingga mampu menambah penghasilan bagi petani. (Pj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here