Petani milenial Nanggulan olah pisang menjadi tepung

0
64

Polbangtan YoMa bekerja sama dengan BPP Nanggulan melaksanakan kegiatan pelatihan penumbuhan dan penguatan kelompok tani petani muda milenial dalam rangka regenerasi petani di wilayah koordinasi polbangtanyoma 15 dan 16 Oktober 2019 bertempat di BPP Nanggulan untuk meningkatkan kualitas SDM pertanian serta menumbuh kembangkan wirausaha muda di bidang pertanian.

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta terdiri dari 2 pria dan 18 wanita muda milenial. Dengan materi yang disampaikan oleh narasumber dari Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Penyuluh Pertanian BPP Nanggulan serta Ibu Yuliana dari KWT Melati, Sendangsari, Pengasih praktisi  olahan aneka tepung umbi dan buah.

Generasi muda kurang tertarik pada bidang pertanian karena bekerja di sawah atau ladang selain panas dan kotor juga belum ada kepastian hasilnya hal ini disampaikan oleh Ir. Muh Aris Nugraha, MMA Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo pada kesempatan penyampaian materi Kebijakan Pengembangan SDM Pertanian Kabupaten Kulon Progo, untuk itu pemerintah berharap agar melalui kegiatan pelatihan ini pemuda milenial dapat tertarik untuk menjadi wirausaha di bidang pertanian.

Dalam kesempatan praktek olahan Yuliana memberikan materi cara mengolah pisang menjadi tepung, dan praktek mengolah pisang menjadi criping pisang diikuto oleh seluruh peserta dengan penuh semangat, Dimas, 18  tahun salah satu peserta yang berasal dari Donomulyo Nanggulan mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk membekali dirinya dalam mengembangkan usaha olahan hasil pertanian yang ada di desanya untuk lebih menarik minat pemuda lainnya dalam mengembangkan usaha di bidang pertanian modern. Pjs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here