Studi Banding, Penyuluh dan Petani Kabupaten Lingga Kunjungi Polbangtan YoMa

0
46

Sekitar 30 petani dan penyuluh pertanian lapangan [PPL] dari Kabupaten Lingga di Provinsi Kepulauan Riau berkunjung ke kampus jurusan pertanian Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang [Polbangtan YoMa] di Yogyakarta. Mereka datang dipimpin oleh Wakil Bupati Lingga, M Nizar didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan [PKP] Hernowo Andrianto dan diterima oleh Direktur Polbangtan YoMa, Dr Rajiman pada Kamis [24/10].

Kegiatan studi banding petani dan penyuluh Lingga dipimpin oleh para pejabat terkait di Polbangtan YoMa antara lain Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat [UPPM] Sukadi SST, MSi; dan Kepala Teaching Factory, Geraldo AR STP MSc, yang menguraikan tentang budidaya tanaman pangan, pengenalan laboratorium, kebun praktik dan proses pembelajaran.

Direktur Dr Rajiman menyambut baik kegiatan studi banding petani dan PPL Lingga, sejalan dengan komitmen Polbangtan YoMa untuk mendukung pembangunan sektor pertanian daerah. Mengingat target Kabupaten Lingga untuk mengembangkan sektor pertanian sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri, dan surplus produksi untuk ekspor ke negeri jiran, Singapura dan Malaysia.

“Petani dan PPL adalah garda utama pertanian Indonesia untuk mewujudkan target swasembada pangan, karena pangan dibutuhkan manusia hingga akhir jaman, dan pertanian merupakan sektor yang tak tergerus oleh era disruptif akibat era industrialisasi 4.0,” katanya.

Taufik SP selaku koordinator petani dan PPL dari Kabupaten Lingga menyampaikan bahwa kegiatan ‘studi banding’ bertujuan meningkatkan kapasitas dan kemampuan petani Lingga, sehingga dapat disosialisasikan setelah mereka kembali ke daerah asal mereka, yang disesuaikan dengan kondisi lahan dan topografi dari kabupaten terluar di Kepulauan Riau.

“Bentuk teknologi budidaya tanaman pangan serta pola kerjasama dengan kelompok tani maupun dunia industri menjadi perhatian penting dalam hal ini,” kata Taufik SP.

Mahasiswa Lingga
Wakil Bupati M Nizar menyatakan bangga pada 34 mahasiswa Polbangtan YoMa asal Kabupaten Lingga yang tengah mengikuti kuliah vokasi pertanian terdiri atas 23 mahasiswa di jurusan pertanian kampus Yogyakarta dan 11 lainnya di jurusan peternakan kampus Magelang.

“Pemkab Lingga melalui kerjasama dengan Kementan mengirimkan putra daerah untuk kuliah di Polbangtan YoMa. Tujuannya, untuk mengembangkan potensi SDM pertanian yang kelak mendukung kesejahteraan masyarakat, khususnya petani Lingga,” kata M Nizar yang memimpin kunjungan 35 peserta studi banding ke Polbangtan YoMa.

Tampak hadir sejumlah pejabat Kabupaten Lingga di antaranya Kabid Pertanian, Amran Salim; Kasie Peningkatan Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ahmad Zahari; Kasie Sarana Prasarana dan Pemasaran Hasil Pertanian dan Camat Lingga, Yulius.

Menurut M Nizar, kerjasama Pemkab Lingga dengan Polbangtan YoMa sebagai unit pelaksana teknis [UPT] dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian – Kementerian Pertanian RI [BPPSDMP Kementan] untuk menjawab kebutuhan SDM pertanian di Lingga, dengan mendukung pembiayaan pendidikan putra daerah kuliah di Polbangtan YoMa.

Dr Rajiman mengakui tidak banyak pemerintah daerah yang menyediakan anggaran bagi generasi muda seperti dilakukan Pemkab Bekayang, untuk menempuh pendidikan tinggi vokasi pertanian di Polbangtan YoMa.

“Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri sebagai ‘kota pelajar’ sekaligus menjadi tantangan Polbangtan YoMa untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendikan vokasi pertanian sesuai tuntutan pertanian modern,” katanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here