Saatnya Koperasi Mengembangkan jenis Usaha

0
595

Stppyogyakarta.ac.id – Sebanyak lebih kurang seratus anggota yang tergabung dalam Koperasi Pegawai  STPP Jurusan Penyuluhan Pertanian Yogyakarta Jumat 16.06.2017 pukul 13.00 WIB berkumpul dalam acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2016. Kegiatan dipimpin langsung Ketua Koperasi Sumarjono, SP.

Acara dimulai dengan sambutan sambutan diantaranya Wakil  ketua STPP DR. Rajiman selaku wakil pembina mengatakan perlunya Pengembangan jenis usaha dan meningkstksn  jumlah nominal simpanan pokok dan wajib anggota yang nilainya relatif sangat kecil. Kecilnya nilai nominal pada simpanan wajib dan pokok tersebut  serta dibarengi dengan rendahnya kesadaran anggota untuk menyimpan uang pada koperasi dalam bentuk simpanan sukarela atau lainnya itulah yang menyebabkan minimnya modal usaha koperasi.

“Dari  tahun ketahun  koperasi kita masih terfokus pada jenis usaha simpan pinjam, maka kedepan barangkali bisa lebih dikembangkan pada jenis usaha yang lain” ucap Rajiman. Ia berharap koperasi bisa mengembangkan diri dan memiliki unit usaha lain seperti unit produksi atau toko yang bisa mengakomodir kebutuhan sehari-hari anggota dan tidak hanya sekedar bergerak dalam bidang usaha jasa simpan pinjam. Lebih jauh Rajiman mengatakan bahwa berat bagi koperasi untuk memberikan manfaat maksimal bagi anggotanya jika kesadaran anggota untuk membangun koperasi itu sendiri sangat rendah. Disela-sela RAT dibagikan undian dooprice  berupa Sepeda dan LED TV (nr team web)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.