Polbangtan YoMa Perkuat Petani Milenial Lewat Bimtek Tahap Dua

0
101

Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap ke-2 Petani Milenial Kabupaten Kebumen tahun 2020 sebagai bentuk tindak lanjut Rakor Petani Milenial tanggal 7 Februari lalu. Bimtek dengan tema Penumbuhan dan Penguatan Petani Milenial Kabupaten Kebumen dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 2-3 Maret 2020 di Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen.

Direktur Polbangtan Rajiman mengatakan bahwa kerja yang dilakukan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh dan diniatkan sebagai ibadah merupakan salah satu cara menuju kesuksesan. Selain itu Rajiman juga menyampaikan beberapa prinsip sukses menurut Epin Supini.

“Tidak berhenti berinovasi, wajib memiliki semangat kesuksesan, mengusahakan perluasan pasar, menghasilkan produk yang berkualitas, pandai memanfaatkan peluang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan upaya pembuatan branding produk yang menarik, pelayanan yang memuaskan, kebersihan produk terjaga, dan penampilan yang menarik,” ujarnya.

Rajiman juga mengajak petani milenial untuk dapat memanfaatkan aplikasi Sistem informasi Agribisnis Tanaman Pangan (SARITA) untuk dapat memantau perkembangam tanaman pangan.

Sebagai informasi, Kegiatan Bimtek tersebut dibuka oleh Direktur Polbangtan YoMa, dihadiri oleh panitia Polbangtan YoMa, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Koordinator KJF Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen, dan peserta Petani Milenial kelompok tanaman pangan Kabupaten Kebumen.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tri Haryono dalam sambutanya mengutarakan kepada petani milenial untuk dapat mengembangkan pertanian khususnya di Kabupaten Kebumen melalui beberapa inovasi dan ide kreatif.

“Saya berharap petani milenial tidak malu berprofesi sebagai petani karena petani merupakan orang yang berjasa dalam menyediakan pangan seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya.

Kegiatan Bimtek Petani Milenial dilaksanakan dengan mengundang beberapa narasumber,pakar,dan pelatih diantaranya Direktur Polbangtan YoMa, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Koordinator Jabatan Fingsional Dinas Pertanian dan Pangan, Casmono, Darmawan, Bayu Setyo, Dalkum, Rochmad, Agung Iswardhono, dan Mulyo Widiastomo.

Pada hari kedua tanggal 3 Maret 2020 peserta Bimtek Petani Milenial melaksanakan secara langsung praktik pembuatan pupuk organik yang dipandu oleh pelatih Dalkum dari P4S Kabupaten Kebumen, hal tersebut bertujuan untuk dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta Bimtek. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan praktik pemanfaatan limbah diapers sebagai media tanam dan pupuk tanaman hias atau tahunan yang dipandu oleh pelatih Mulyo Widiastomo.

Secara keseluruhan kegiatan Bimtek penumbuhan dan Penguatan Petani Milenial Kebumen tahap dua tahun 2020 berjalan dengan penuh semangat dan antusias, dan memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta sehingga dapat menumbuhan semangat petani milenial untuk membangun pertanian Indonesia khususnya Kabupaten Kebumen.

Kedepannya Polbangtan YoMa akan terus mendampingi kegiatan Petani Milenial Kabupaten Kebumen dengan melakukan kegiatan monitoring evaluasi dan supervisi agar apa yang ditargetkan Kementerian Pertanian yaitu membangun 2,5jt Petani Milenial untuk dapat mengembangkan pertanian Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.